Saya baru saja membeli lisensi avast! antivirus profesional untuk jangka waktu penggunaan 3 tahun. Yah sudah lima tahun saya menggunakan edisi gratisnya (Home Edition), kini sedikit berkontribusi untuk versi profesionalnya. Apa bedanya? Mungkin secara bermakna tidak terlalu beda jika untuk menjaga keamanan saya rasa versi Home Edition sudah cukup, namun ini adalah kontribusi untuk perusahaan Alwil.

Secara mendetail bisa dilihat di situs resminya, antara detail versi profesional dan detail versi home. Gambar berikut mungkin dapat menjelaskannya secara singkat:

avast! Antivirus Home Edition:

Features Avast Home Edition

avast! Antivirus Professional Edition:

Features Avast Professional Edition

Lihatlah yang berbeda pada versi Pro adalah penambahan Enhanced User Interface (tampilan antarmuka yang diperkaya), script blocker (menahan berbagai script berbahaya di internet), PUSH updates, dan command-line scanner.

Bagaimana dengan harganya? Ya, bisa dilihat di daftar harga avast! professional edition. Mungkin untuk pemesanan rame-rame akan mendapatkan diskon

Pertama untuk membelinya, saya menghubungi sistem penjualannya yang internasional (lihat bagaiaman menghubungi perusahaan Alwil sebagai pemroduksi avast! antivirus di halaman kontak Alwil). Kemudian saya diminta menghubungi langsung ke reseller resmi avast! di Indonesia, sehingga dapat mempermudah transaksi. Reseller resmi di Indonesia adalah PT Sistem Prima Infotek (Prima Partner Infotek). Melalui email, saya dijelaskan bagaimana proses pembelian lisensi. Setelah melalui transaksi dan beberapa administrasi, lisensi pun dikirimkan via email dalam sebuah berkas PDF terenskripsi. Berikut adalah contoh gambarnya.

Capture_avast_pro_license_buy

Ya, untuk tiga tahun ke depan saya akan menggunakan versi pro dari antivirus versi terbaik AV-comparatives ini , setidaknya saat ini masih versi 4.8, dan pihak avast! telah menyampaikan pada saya langsung jika nanti edisi 5 terbit tidak lama lagi, maka upgrade tidak lagi dikenakan biaya apapun.

Setidaknya setelah versi 5 nanti keluar, saya masih (mungkin) akan punya kerjaan tambahan, karena tim penerjemah untuk avast sudah memberi respons positif mengizinkan saya ikut serta dalam proyek penerjemahan program ke bahasa lokal (bahasa Indonesia). Ada yang berminat ikut serta?

Tag Technorati: {grup-tag}avast antivirus,software keamanan,lisensi,pembelian lisensi,avast professional,avast free,avast home edition

Quote of the day:
The best defense against the atom bomb is not to be there when it goes off. – Anonymous