Jadi siapa yang tidak pernah bersin hingga saat ini? Mungkin Anda perlu memeriksakan diri ke petugas kesehatan :) – karena bersin adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Namun ternyata bersin tidak selalu sesederhana yang kita pikirkan, ada hal-hal yang menarik yang bisa ditilik sejenak dari si bersin ini. Semisal pernahkah Anda bertanya seberapa cepat bersin menyebar? Apakah sengatan matahari dan seks bisa menyebabkan Anda bersin-bersin? Ya, ada banyak fakta-fakta aneh tentang bersin yang saya temukan ketika saya berjalan-jalan ke situs favorit saya yang berslogan “Better Information. Better Health”. Di situ ada sebuah artikel berjudul, “11 Suprising Sneezing Facts”.

Fakta Seputar Bersin

  1. Bersin dimulai dari persarafan Anda. Secara mendasar “rangka bangun” sistem saraf setiap orang sama, namun sinyal-sinyal yang berjalan/melintas dapat mengambil jalur-jalur yang sedikit berbeda ke dan dari otak, hal ini menghasilkan skenario bersin yang berbeda-beda pada orang-orang. Jika ada sesuatu di hidung Anda yang ingin dikeluarkan tubuh, sistem saraf akan memberi tahu otak anda untuk segera bersin.
  2. Bersin membantu tubuh anda tetap aman. Bersin merupakan sistem pertahanan tubuh, melindungi tubuh dengan membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Ketika ada sesuatu yang “asing” memasuki hidung anda, Anda akan menjumpai picu yang mengaktifkan “pusat bersin” di otak anda – berlokasi di batang otak bagian bawah – sinyal dikirimkan dengan super cepat untuk menutup dengan rapat tenggorokkan, mata dan mulut. Kemudian otot-otot dada Anda berkontraksi dengan luar biasa, tetap sesaat setelahnya dengan cepat otot tenggorokkan anda berelaksasi. Hasilnya – udara, bersama air ludah dan lendir-lendir dilontarkan keluar dari mulut dan hidung. Yup, Anda sudah bersin – tidak percaya, cobalah sendiri :)
  3. Bersin yang amat cepat. Tahukah Anda bahwa bersin bisa melaju hingga 100 MPH (161 km/jam)? Bahkan melontarkan lebih dari 100.000 kuman ke udara.
  4. Mencabuti alis anda bisa memicu bersin. Mencabut bisa memicu suatu saraf di wajah Anda yang menyuplai jalur nasal/hidung, hasilnya Anda akan bersin.
  5. Anda tidak bersin saat tertidur. Ketika Anda tidur dapat dikatakan “saraf bersin” juga ikut tertidur, yang artinya secara umum Anda tidak akan bersin selama tertidur.
  6. Kerja keras bisa menyebabkan bersin. Olah raga atau kegiatan berat bisa membuat Anda bersin. Anda mengalami hiperventilasi (apa itu hiperventilasi?) ketika Anda bekerja berlebih dan berkeringat dalam jumlah yang banyak, hasilnya, hidung dan mulut anda mulai kekeringan. Kemudian hidung anda bisa bereaksi dengan mulai memproduksi lendir sehingga Anda bisa merasa ingin bersin.
  7. Rangkaian bersin terpanjang. Rekor rangkaian bersin terpanjang pernah tercatat selama 978 hari yang dipegang oleh Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris.
  8. Sengatan matahari membuat Anda bersin. Matahari yang terik membuat satu dari tiga orang bersin-bersin, orang yang bersin karena cahaya matahari disebut “fotik/photic” – berasal dari kata Yunani yang berarti sinar. Bahkan sifat ini merupakan salah satu ciri yang diwariskan – yah, satu hal lagi yang bisa disalahkan pada orang tua anda jika Anda mengalaminya (I hope you not do that).
  9. Seks bisa menjadi pemicu bersin. Apakah aktivitas seksual anda memicu bersin? Atau lebih sering bersin dari sewajarnya? Peneliti percaya bahwa stimulasi pada sistem saraf parasimpatis memicu sinyal pada beberapa orang untuk tidak hanya menikmati aktivitas seks namun juga bersin ketika itu usai.
  10. Hewan yang bersin. Iguana adalah hewan yang lebih sering bersin dibandingkan hewan lainnya. Proses pencernaan mereka menghasilkan beberapa jenis garam secara normal, dan ini disingkirkan melalui bersin. Jika Anda memelihara Iguana, mungkin Anda akan memerlukan tisu dalam jumlah besar.
  11. Bagaimana menghentikan bersin? Tidak ada yang tahu pastinya, dan tidak ada pembuktian medis yang cukup kuat untuk masing-masing metode. Namun cobalah untuk memencet/menutup ujung hidung Anda dan bernapaslah yang dalam melalui mulut.

Mitos Seputar Bersin

Mengesampingkan fakta-fakta aneh bersin, ada beberapa keyakinan tentang bersin yang hanya tidak benar.

Sebagai contoh, itu tidak benar bahwa jantung Anda berhenti ketika Anda bersin. Ketika kontrak dada karena bersin, aliran darah Anda sesaat sesak juga. Akibatnya, irama jantung Anda mungkin berubah, tapi jelas tidak berhenti.

Dan bola mata Anda tidak bisa muncul dari kepala Anda ketika Anda bersin. Kebanyakan orang secara alami menutup mata mereka ketika mereka bersin, tetapi jika mereka mampu membuat mereka tetap terbuka, mata mereka tetap tertanam kuat di kepala mereka di mana mereka berada. Sementara tekanan darah orang di belakang mata mungkin akan menambah sedikit ketika dia bersin, itu tidak cukup kuat untuk mengusir bola mata dari kepala.

Ada banyak cerita rakyat lain tentang bersin, termasuk gagasan bahwa jika anda bersin, perusahaan akan datang, dan jika kucing Anda bersin, itu akan hujan.

Adapun banyak orang mengatakan memperoleh berkat setelah seseorang bersin, mungkin karena asal kata Yunani untuk bersin adalah "pneuma," yang berarti "jiwa atau roh." Sebuah berkah pasca-bersin berasal dari kepercayaan kuno bahwa bersin adalah pengalaman mati suri, dan bahwa berkat akan mencegah jiwa atau bersin anda melarikan diri dari tubuh Anda dan akan menghalangi setan masuk dalam.

Nah, apakah ada lagi mitos dan fakta bersin di seputaran anda?

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa