Pernahkah Anda mendapatkan ide untuk tiba-tiba berjumpa dengan kawan lama yang hanya sesekali bertemu di dunia maya, semisal lewat facebook tapi karena kesibukan masing-masing tidak pernah bisa menyempatkan waktu bertemu?

Tiba-tiba telepon seluler anda berdering dan sebuah sms masuk menyatakan bahwa dia ada tidak jauh dari lokasi Anda. Apakah hal ini mungkin, padahal belum ada perencanaan sebelumnya? Ya, walau masih dalam tahap pengembangan, hal ini masih mungkin dengan sebuah aplikasi bernama Google Lansiran Lokasi.

Untuk memahami hal ini, terlebih dahulu tahu tentang Google Latitude. Silakan membaca kembali artikel saya terdahulu yang berjudul “Track on The Globe” yang disertai contoh penerapan fitur ini atau mengunjungi situs Google Latitude untuk keterangan yang lebih padat dan lengkap.

Nah, Google Latitude sendiri menawarkan beberapa fitur terkait fungsi yang dibawanya. Salah satunya adalah Google Lansiran Lokasi. Jadi sebagaimana gambar di atas/samping, jika salah satu sahabat anda berada tidak jauh dari posisi Anda, maka dengan memanfaat sistem GPS dan aplikasi Google Map yang terpasang pada telepon seluler, maka Anda akan mendapat notifikasi bahwa dia ada tidak jauh dari posisi anda saat ini.

Percayalah, jika suatu saat sistem ini diterapkan secara global. Maka permainan petak umpet tidak akan istimewa lagi. Apakah Anda tertarik menggunakannya? Siapa tahu, ternyata saat mobil atau sepeda motor anda mogok di jalan, seorang sahabat tidak jauh dari lokasi itu.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa