Pasca memahami bagaimana prinsip optimalisasi antivirus, saya sepakat dengan apa yang disampaikan Pak Aldy bahwa virus komputer (ataupun peranti lunak jahat lainnya) selalu selangkah lebih maju. Namun saya sendiri tidak begitu khawatir, penggunaan firewall dua lapis dua arah, real time protection untuk analisis tingkah laku akan cukup mencegah apa yang disebut virus on the wild, atau virus-virus yang belum dikenali.

Jadi secara teori, antivirus masih bisa selangkah lebih unggul daripada virus komputer itu sendiri. Namun tetap saja kondisi ini bisa berbalik, dan hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Masih khawatir dengan kemungkinan serangan virus komputer, dan belum yakin dengan keamanan komputer kita sendiri? Mungkin saatnya kita mencicipi apa yang disebut sebagai sandbox atau sandpit – si kotak pasir, maksudnya pasir sekecil apapun atau sebanyak apapun tidak akan lolos dari dalam kotaknya.

In computer security, a sandbox is a security mechanism for separating running programs. It is often used to execute untested code, or untrusted programs from unverified third-parties, suppliers and untrusted users. (Wikipedia: Sandbox on Computer Security).

A sandbox is a testing environment that isolates untested code changes and outright experimentation from the production environment or repository, in the context of software development including Web development and revision control. (Wikipedia: Sandbox on Software Development).

Intinya, sandbox akan menciptakan sebuah ruang di mana kita bisa mengeksekusi sebuah program komputer tanpa khawatir efek buruknya (virus komputer) akan menyebar ke sistem kita.

Pengguna avast! antivirus profesional, dapat menjalankan langsung mesin virtualisasi ini dari desktop. Perhatikan gambar di bawah:

avast! sanbox

Menjalankan sandbox dari avast! pro antivirus pada desktop Vista

Saat ikon desktop chrome – sebagai contoh – diklik kanan, maka akan ada pilihan untuk menjalankannya dalam ruang virtual, atau selalu menjalankan dalam ruang virtual/sandbox. Ini berarti apapun yang terjadi saat menjalankan peramban yang satu ini, maka sistem komputer tidak akan terpengaruh. Tapi untungnya bagi para pengguna Chrome, dikatakan bahwa peramban ini sudah memiliki sistem sandbox internal sendiri – walau saya sendiri tidak pernah sempat mengujinya.

Kita mendapatkan keamanan yang bisa dibilang “super secure” dalam sandbox ini, pun demikian aksesibilitas terhadap beberapa perintah akan hilang. Seperti tidak bisa menerapkan salin-tempel untuk teks atau pranala, karena salin-tempel berarti mengeluarkan beberapa isi sandbox sebagai berkas sementara Windows.

Fitur ini bisa didapatkan di avast! versi berbayar, itu berarti Anda harus membeli lisensi avast! untuk bisa menggunakannya. Untuk mereka yang setiap hari bekerjanya berhadapan dengan virus komputer, atau data-data pentingnya terancam jika ada virus komputer yang potensial merusak. Saya rasa tidak ada salahnya menyisihkan dana untuk membeli sebuah antivirus berbayar yang bisa memberikan perlindungan bukan?

Namun jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli lisensi guna mendapatkan teknologi sandbox ini. Maka ada sebuah peranti lunak gratis sebagai alternatifnya. Sebuah program bernama Sandboxie yang juga menjalankan program-program anda dalam ruang terisolasi yang akan mencegahnya membuat perubahan permanen terhadap program-program atau data lain dalam komputer anda.

Ilustrasi cara kerja Sandboxie

Ilustrasi cara kerja ruang virtual oleh Sandboxie.cm

Beberapa fitur yang ditawarkan Sandboxie adalah:

  • Secure Web Browsing: Running your Web browser under the protection of Sandboxie means that all malicious software downloaded by the browser is trapped in the sandbox and can be discarded trivially.
  • Enhanced Privacy: Browsing history, cookies, and cached temporary files collected while Web browsing stay in the sandbox and don’t leak into Windows.
  • Secure E-mail: Viruses and other malicious software that might be hiding in your email can’t break out of the sandbox and can’t infect your real system.
  • Windows Stays Lean: Prevent wear-and-tear in Windows by installing software into an isolated sandbox.

Program ini bisa dijalankan mulai dari Windows 2000 hingga Windows 7 baik versi 32-bit maupun versi 64-bit. Besar berkas instalasinya sekitar 1,60 MB jadi rasanya cukup ringan untuk dijalankan. Untuk mengunduhnya, silakan menggunakan pranala berikut.

Download Sandboxie from FileHippo.com