Selain GBrainy, permainan lain di OpenSUSE yang cukup untuk mengasah otak adalah Sudoku. Pada desktop Gnome, permainan ini sudah langsung terpasang (kecuali ada perubahan setelan saat instalasi linux sebelumnya). Sudoku adalah teka-teki angka, yang dipopulerkan pertama kali di Jepang pada era 1986-an oleh Nikoli.

Prinsipnya sederhana, ada kotak besar dengan isi 9×9 kotak kecil, dan terbagi atas 3×3 kotak sedang yang berisi 3×3 kotak kecil. Kita harus mengisi kesembilan kotak mendatar dan menurun dengan angka 1-9 tanpa ada angka yang berulang, dan setiap kotak sedang juga harus berisi angka 1-9 tanpa ada yang berulang di dalam kotak tersebut. Panduan yang lebih mudah dipahami saya baca di Sudoku Instruction.

Awalnya saya mencoba dengan tingkat mudah (level easy), dan saya cuma mampu menyelesaikannya dalam 16 menit 34 detik (tanpa menggunakan petunjuk/hints). Senang sekali memang rasanya bisa menyelesaikan permainan ini, berarti setiap angka sudah tersusun secara tepat – ah, tapi waktunya itu lho, hampir 20 menit untuk tingkat mudah. Otak saya pasti sudah karatan, atau saya memang tidak berbakat dalam matematika.

Sudoku on OpenSUSE

Pratampil Suduko pada Distro OpenSUSE