Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa saya bukan tipe orang yang romantis. Tapi setidaknya saya tahu jika seseorang memberikan saya hadiah setangkai atau beberapa tangkai bunga, ada maksud apa di baliknya. Bukan artinya maksud yang terselubung, namun kata-kata apa yang tidak ia bisa sampaikan hingga harus hadir melalui bunga-bunga.

Anda mungkin sering mendengar bahwa mawar adalah perlambang cinta – orang bilang, “said with a rose”. Apa artinya jika seseorang memberikan mawar merah, putih atau hitam? Ataukah mereka hanya asal memberi?

Saya tidak tahu di mana aslinya, namun konon itu berasal dari Persia pada abad ke-15 sebelum menyebar ke Eropa pada abad ke-18 dan menjadi populer ke seluruh dunia setelah abad ke-19.

Sebagai perlambang cinta, mawar paling digemari dari sekian banyak bunga. Mawar merah secara sederhana mengungkapkan “cinta dan penghargaan”, jadi seseorang menghormati dengan segenap cinta – maka ia akan memberikan mawar merah. Juga dapat bermakna persatuan, atau kasih yang mendalam.

Oh tunggu, dulu, jangan memberi sembarangan mawar merah, atau yang Anda berikan bisa jadi salah tangkap. Jenis amaranth red, atau yang memiliki warna merah menyerupai amaranth, berarti kasih yang sudah ada sejak lama. Warna merah amaranth begitu pekat, artinya mungkin si pemberi sudah menantikan sejak lama untuk menyampaikan ungkapan hatinya ini. Cardinal red, atau warna merah kardinal berarti hasrat yang terpendam, biasanya diberikan oleh seseorang yang memiliki perasaan suka, namun tidak pernah menunjukkannya – dan kali ini dia berniat mengungkapkannya.

Di sisi lain, carmine red atau warna merah karmin menunjukkan hasrat yang palsu. Saya tidak begitu paham di mana bahasa ini akan digunakan, apakah untuk memberitahukan bahwa perasaannya selama ini adalah perasaan yang palsu? Sebagai permintaan maaf yang tidak bisa terucap? Entahlah, namun yang pasti sebaiknya Anda tidak memberikan mawar warna merah karmin pada pasangan anda, atau mungkin Anda akan mendapatkan tamparan. Pun bagi Anda yang menerima mawar merah karmin, jangan tersenyum tersipu malu, atau mungkin akan menyesel kemudian karena melewatkan sesuatu sebelumnya.

Mawar hitam seringkali kita saksikan pada upacara-upacara pemakaman. Ini melambangkan kematian, kebencian dan ucapan selamat tinggal. Jika Anda memiliki sahabat dekat atau kekasih yang akan pergi jauh dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi, setangkai mawar hitam adalah tanda bahwa Anda telah melepasnya pergi.

Mawar warna oranye atau menyerupai koral laut berarti menandakan hasrat atau perasaan suka yang sedang tumbuh. Walau tidak berarti sepenuhnya itu adalah cinta, namun setidaknya jelas ungkapannya adalah ada perasaan suka yang sedang tumbuh di dalam hatinya.

Mawar ungu atau lavender mengungkapkan kasih, kelembutan, keeleganan, dan keutuhan/kesempurnaan. Ini adalah mawar dari buah pikiran yang penuh kehangatan dan keindahan, kadang dengan sedikit hiasan akan menjadi tanda kesejahteraan, kemewahan atau kekuasaan yang bisa menyediakan semuanya itu. Warna lavender kadang dapat disubstitusi dengan warna biru.

Mawar dengan warna peach pucat memberikan tanda persahabatan dan hubungan sosial. Kadang warna peach pucat sering disampaikan sebagai mawar warna merah muda (pink). Jika seseorang menawarkan pilihan antara mawar merah atau merah muda, maka pilihan bisa jadi jawaban akan hubungan yang selanjutnya, apakah akan menjadi sahabat atau berlanjut ke hubungan asmara.

Namun ada beberapa marah dengan warna merah mudah yang lebih cerah dan lebih lembut. Biasanya mawar ini diberikan untuk menyatakan bahwa Anda memahami sesuatu yang sedang berlangsung, atau Anda bersimpati pada seseorang yang sedang sakit.

Tidak hanya warna, rangkaian mawar juga memiliki bahasa yang tersindiri. Campuran merah putih atau kumpulan mawar putih dibatasi oleh lingkaran mawar merah bermakna persatuan, ini bisa digunakan untuk merayakan suatu bentuk persatuan, misalnya peringatan hari jadian atau pernikahan. Dan tentu saja bisa menjadi bagian dari perayaan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia.

Mawar merah dan kuning bersama-sama menyampaikan persaan suka cita, bahagia, dan pelbagai perasaan positif lainnya, seakan-akan menjadi hasrat yang bersinar dari dalam hati seseorang.

Mawar oranye dan kuning bersama-sama bisa bermakna antusiasme, hasrat dan hal-hal yang memberikan semangat pada sebuah hubungan. Sedangkan warna putih dan warna koral terangkai bersama biasanya sama dengan ucapan, “engkaulah bidadariku, dan aku ingin menjadi pendampingmu hingga akhir napasku.”

Sebenarnya warna kuning (mawar kuning) itu sendiri adalah simbol kehangatan dan persahabatan. Namun pada zaman Ratu Viktoria dulu (jika saya tidak salah ingat), mawar kuning dianggap sebagai tanda kecemburuan. Konon dalam kisah klasik Muslim (koreksi jika saya keliru), mawar kuning merupakan tanda penipuan dan pengkhianatan, dan beberapa hal tanda tabu. Di Meksiko, mawar ini adalah tanda kematian. Di Prancis menjadi lambang para kaum bidah. Karena banyak riwayat yang memberikan kesan tidak baik pada bahasa mawar kuning, maka kini walau bermakna kebebesaan, kebahagiaan dan persahabatan, mawar kuning juga tetap jarang digunakan.

Jika saya sendiri menyukai mawar putih, merupakan ungkapan bahasa dari kesucian dan kemurnian, beberapa menyampaikannya sebagai tanda kerendahan hati. Dalam tradisi Nasrani lama (kembali koreksi saya jika keliru), Bunda Maria juga dipresentasikan sebagai mawar putih, simbol kemurniannya. Dalam budaya Amerika lama, mawar putih adalah lambang kebahagiaan dan keamaanan, dan digunakan dalam pelbagai acara pernikahan. Pun dikenal juga sebagai nama “bunga cahaya” – the flower of light.

Di Skotlandia, jika sekuntum mawar putih merekah pada musim gugur, maka katanya itu adalah tanda pernikahan yang lebih awal. Di Wales (Inggris), mawar putih melambangkan sesuatu yang tidak berdosa dan keheningan, biasanya diletakkan pada makam seorang anak kecil.

Tidak hanya warna dan rangkaian saja, jumlah mawar juga menandakan sebuah bahasa yang berbeda-beda.

Setangkai bunga mawar mengucapkan kesederhanaan. Dua tangkai bunga mawar mengucapkan rasa terima kasih. Dua tangkai bungan mawar yang dirangkai satu menandakan pertunangan atau pernikahan yang sudah dekat.

Rangkaian 12 bunga mawar menandakan deklarasi/pernyataan cinta yang tidak terbantahkan (ultimate declaration of love). Sementara 25 tangkai bunga mawar disampaikan saat memberikan ucapan selamat, namun 50 tangkai bungan mawar berarti mengungkapkan cinta yang tak bersyarat (unconditional love).

Satu kuntum mawar yang merekah secara sempurna bermakna “aku mencintaimu” – jadi jangan memberikan mawar yang setengah mekar ketika mengungkapkan cinta karena itu berarti cinta yang tidak pasti. Walau beberapa wanita lebih menyukai mawar yang belum mekar sepenuhnya, sehingga mereka bisa melihatnya mekar. Saya tidak tahu apakah ini insting mereka untuk melihat cinta padanya tumbuh dan menjadi penuh sejalan berlalunya waktu, atau hanya kesukaan saja.

Jika Anda menerima satu mawar yang mekar penuh dirangkai dengan dua kuncup mawar yang belum mekar, itu bermakna cinta yang dirahasiakan. Sedangkan menerima mawar yang telah dihilangkan durinya berarti “cinta pada pandangan pertama”.

Pun jika Anda hanya menerima daun mawar dan bukan bunga mawar, itu adalah simbol harapan. Seseorang memberikan Anda harapan, sekarang tinggal apakah Anda akan merawat harapan itu dengan baik.

Pola pemberian juga mengandung arti, misal dilengkungkan ke kanan atau ke kiri, simpul pita pengikat ada di kanan atau di kiri. Di terima dengan tangan kanan atau tangan kiri. Disisipkan di dada kiri, di rambut atau di beberapa bagian tubuh lain memiliki bahasa tersendiri. Mawar dari jenis yang berbeda juga memberikan makna berbeda, carolina rose – cinta itu berbahaya, China rose – keindahan itu selalu baru, coral rose – sampaikan keindahanmu, Japanese rose – ilusi, tea rose – aku akan selalu mengenangmu, wild rose – kesederhanaan yang memesona, dan masih banyak lagi makna lainnya. Nah, saya tidak mungkin membeberkan semua di sini, tidak menarik lagi jika begitu.

Mawar adalah sebuah bunga yang memiliki sejuta bahasa, sebanyak ungkapan hati manusia. Apakah Anda termasuk orang yang suka mengungkapkan perasaan dengan mawar?

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa