Tiket Lion Air via Internet dan ATM BNI

Masa pelaksanaan Moonarch Secret Operation sudah akan berakhir, jadi saya harus segera mempersiapkan kepulangan kembali ke Jogjakarta (emang rumahnya di mana coba). Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, saya pun memutuskan perjalanan lewat udara daripada lewat samudera (maksudnya sih cuma selat kecil, tapi berarus deras dan berombak besar). Saya berencana ke ibukota hari ini untuk menemui agen perjalanan guna melakukan booking (pemesanan tiket) secara online (daring).

Sayangnya jarak desa saya yang terpencil dengan ibukota lumayan jauh (sebenarnya sih cuma 2 jam gayung sepeda), serta cuaca yang dari pagi selalu hujan terus menurus membuat saya agak ragu menuju ibukota (sial, mengapa agen perjalanan hanya banyak tersebar di ibu kota). Sehingga saya mulai memikirkan beberapa kemungkinan.

Setelah bertanya di mailing list BBC tentang beberapa lokasi pembelian tiket di ibukota, ada yang menyarankan membeli tiket dengan online booking dan pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Saya kemudian teringat bahwa di kota kecil terdekat ada sebuah ATM yang bisa saya manfaatkan, daripada saya pergi ke ibukota jauh-jauh, mengapa saya tidak melakukan online booking saja alias membeli tiket pesawat dari Internet.

Ini pengalaman pertama saya membeli tiket pesawat dari internet, jadi pertama-tama yang harus saya lakukan adalah mengunjungi situs resmi Lion Air. Di sana ada kolom pemesanan tiket sebagai berikut (lihat gambar):

Pesan Tiket Lion Air Onlie

Gambar di atas adalah borang di mana Anda mulai mengatur pemesanan tiket anda. Tentukan keberangkat dengan baik, apakah ini perjalanan pulang pergi, apakah tanggal keberangkat pasti, dan berapa tiket untuk dewasa dan anak-anak.

Lanjutkan dan temukan tanggal dan kelas penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saya rasa pemesanannya sangat sederhana, sehingga setiap orang pasti dapat mengikutinya dengan baik, hanya saja pastikan bahwa Anda telah mengisi setiap data dengan benar untuk bisa dikonfirmasikan nantinya.

Kemudian untuk metode pembayarannya, saya memilih membayar via ATM, karena saya menggunakan kartu debit BNI. Tentu saja ada beberapa pilihan metode pembayaran lainnya. Di akhir semua proses, pasca menentukan penerbangan & menyetujui syarat penerbangan. Kita akan memperoleh rincian perjalanan yang terdiri dari Kode Booking (6 digits alphabetic) dan Kode Bayar (13 digits numeric), tentunya dengan rincian jumlah yang harus dibayar di ATM nanti. Buatlah catatan untuk kode-kode ini.

Saya punya waktu 3 jam setelah konfirmasi kode-kode tersebut muncul di layar peramban untuk melakukan pembayaran ke ATM, jika tidak pemesanan akan hangus dengan sendirinya. Saya pun pergi ke ATM BNI di kota terdekat, untungnya tidak rumit, karena menu pembayaran tiket Lion Air sudah terintegrasi di ATM BNI. Tinggal memasukkan Kode Bayar, kemudian server akan memakan waktu kurang dari semenit untuk menampilkan rincian pembayaran termasuk nama pemesan, penerbangan dan Kode Booking, silakan dicocokan dengan catatan yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika sudah sesuai, silakan proses dengan melanjutkan atau mengonfirmasi transaksi, maka Anda akan mendapatkan struk ATM yang berisi rincian pembayaran tiket Lion Air (struk serupa jika Anda menarik sejumlah uang dari ATM).

Struk ini merupakan bukti penukaran boarding pass di bandara atau kantor penjualan tiket Lion Air. Jadi jangan sampai hilang, jika Anda berencana penerbangan pulang-pergi, sebaiknya membuat salinan struk ini, baik berupa foto kopi ataupun print scan. Jadi saat check-in di bandara nanti, tinggal menyerahkan struk ATM tersebut dan menukarnya dengan boarding pass.

Untuk memastikan apakah booking tiket saya sudah dilakukan, saat pulang kembali, saya masuk ke menu retrive booking yang ada di situs resmi Lion Air. Masukkan Kode Booking, nama depan & belakang, nomor & tanggal penerbangan. Nah, di sana akan muncul statusnya. Biasanya sih “not ticketed” karena dipesan secara online.

Pembayaran tiket via ATM juga bisa dilakukan selain melalui ATM BNI, misalnya BRI, Mandiri, BCA dan beberapa bank lainnya. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan Internet Banking bagi nasabah BNI, hanya saja selalu wanti-wanti agar setiap transaksi via Internet Banking memerlukan kewaspadaan yang tinggi. Anda harus memiliki komputer dan jaringan yang aman, sistem operasi yang baik, peramban terkini, dan program keamanan yang memadai (seperti antivirus dan firewall), untuk menghindari pencurian identitas oleh pelaku cyber crime. Hindari penggunaan komputer publik jika Anda tidak yakin mampu menjamin keamaan transaksi.

Tulisan “Membeli Tiket Pesawat Lion Air melalui Internet” di blog Adam Pisan bisa Anda jadikan referensi tambahan.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2010-2012 Cahya Legawa
  • TuSuda

    Bagaimana dengan maskapai lainnya, apakah sudah bisa juga pesan tiketnya via OL.?

    Tksi infonya.. :)

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    TuSuda,

    Saya kurang tahu untuk itu, tapi rasanya Garuda & Mandala juga bisa. Mungkin bisa langsung dicek di situs resminya Dok :).

  • Suci gusri

    Udah lama kalee yg bginian….

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    Suci,

    Maklum biasanya kan lewat jalan darat, sambil mabok laut gitu :D.

  • Suci gusri

    Wkwkwkwk…trnyata kmren mabok laut..

    Ada animasi 3D lagi.. Spertinya kura2nya lucu..mirip yg d nemo..so, kapan neh???

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    Suci,

    Semoga seminggu lagi misi rahasia di sini selesai, boleh deh kalau begitu :D.

  • aldy~PF

    Saya biasanya tiket ada yang mengurusnya mas, jadi terima bersih saja.

    Selain lion air, GI dan Air Asia juga sudah melakukan transaksi online.

  • Suci gusri

    Sminggu lagi apa filmnya masih ada ya??? Hmm..smoga..smoga ga diajakin dlu sm tman2 seangkatan.. (red.bukan piggy)

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    Suci,

    Kalau mau nonton duluan, ya monggo, duluan saja, daripada nyesel :D. (Ndak apa-apa kok, piggy diseret juga).

    Pak Aldy,

    Enaknya kalau begitu, apalagi juga kalau disediakan uang jalannya :).

  • FaDhLi

    Kalau masalah seperti ini saya belum paham bener…maklum saya belum pernah naik pesawat… hehe…. :mrgreen:

    Boleh kasih saran nggak mas cahya, gmana kalau blog ini di instal mobilepress atau semacamnya? Agar, lebih memudahkan orang lain untuk mengunjungi blog ini…. :D

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    FaDhli,

    Makanya sesekali, ke mana gitu bulak-balik naik pesawat, buat sekadar mencoba saja :).

    Bukannya di Opera Mini 5 sudah ada fitur kompresi web, rasanya ndak berat deh membuka halaman ini :D.

    Saya pernah menggunakan pengaya sejenis itu, tapi malah ndak begitu bagus. Hasilnya malah tidak jauh beda dengan tidak menggunakan pengaya.

  • http://www.georgetterox.blogspot.com Vicky Laurentina

    Bagian paling menyebalkan adalah kalau di tengah-tengahnya booking tau-tau sinyal internetnya putus.. :-p

  • http://catatan.legawa.com Cahya

    Vicky Laurentina,

    Betul Bu Dokter, makanya mesti wanti-wanti juga, menggunakan ISP yang memang sudah cukup stabil, dan putus di tengah jalan biasanya jarang terjadi.

    Yang paling parah adalah pengguna PC tanpa pencadang tenaga (misal UPS), pas listrik padam, maka matilah semua :D.

  • http://www.facebook.com/people/Agus-Friyanto/100000955388999 Agus Friyanto

    mas, langkah pembayaran lewat atm bini gimana. saya bingung. ketika memasukkan digit pembayarannya, saya diminta memasukkan kode lagi. mohon arahannya

    • http://catatan.legawa.com/ Cahya

      Agus Friyanto,

      Saya sudah menulis semua yang saya ketahui di atas. Tapi setahu saya memang ada kemungkinan diminta memasukkan kode ulang, di antarnya adalah:

      Pertama, waktu sudah melebihi 3 jam (atau batas waktu yang disampaikan server saat kita memesan di Internet).

      Kedua, kode yang dimasukkan salah/keliru, sehingga tidak dikenali dan diminta memasukkan lagi yang tepat.

      Ketiga, hanya ada waktu terbatas untuk mulai dari memilih menu pembayaran di ATM hingga memasukkan semua kode (yang agak panjang itu), jika batas waktu lewat, maka transaksi otomatis dibatalkan dan diminta memasukkan kode ulang.

      Kalau selain dari tiga hal itu saya kurang tahu Mas.

  • andri

    bagaimana dengan tiket yang kita beli mas? dimana kita dapatkan tiket tersebut? apakah di kirim ke e-mail kita?

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Andri,
      Kalau sudah transaksi dilakukan via ATM, maka mesin ATM akan mencetak struk ATM kan? (Sama seperti kalau kita menggunakan ATM untuk menarik tabungan, membeli pulsa, membayar rekening dan lain sebagainya) Nah, struk itu adalah pengganti tiket, sebagaimana saya tulis di atas.

      Misal Andri melakukan pemesanan untuk penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta tanggal 31 Desember 2010 pukul 18.00 ke Surabaya. Maka Andri mesti check in dulu di maskapai terkait sebelum pukul 18.00, serahkan struk dari ATM tadi, dan Andri akan mendapatkan boarding pass untuk naik ke pesawat.

      Bedanya beli tiket langsung dan via ATM adalah:

      Beli langsung: Agen tiket → Bayar Tunai → Tiket Resmi → check in → boarding pass
      Via ATM: Pesan di internet → kode booking → bayar di ATM → struk tanda pembayaran → check in → boarding pass

      Nah, tidak jauh beda kan. Tidak ada tiket yang dikirim via email. Kalau nanti pemesanannya untuk PP, struk ATM perlu difoto kopi dulu (kan cuma dapat selembar), jika membelikan tiket untuk orang lain, struk bisa di-scan, dan dikirim via email untuk orang yang bersangkutan. Demikian setahu saya.

  • andri

    apakah pemesanan di batasi umur untuk melakukan booking online tersebut?

    umur saya baru masuk 17 tahun belum membuat KTP. apakah pada saat chek in tersebut memerlukan identitas kita? trus pada saat booking saya memasukan identitas saya. namun dalam pembayaran via ATM menggunakan ATM ortu saya. apakah itu tidak masalah.?

    trus bagaimana step-step dalam melakukan pembayaran via ATM BRI mas?

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Andri,
      Rasanya tidak ada batasan umur, 17 tahun saya rasa sudah termasuk usia dewasa (sudah boleh ikut pemilu kan jika tidak salah). Jika memang belum membuat KTP tidak masalah, tapi identitas harus ada, misalnya kartu pelajar adalah sesuatu yang umum diterima. Karena setiap siswa pasti punya kartu pelajar, ini bisa dijadikan bukti saat check-in, jika sudah punya SIM juga boleh :).

      Ya, saat booking memang sebaiknya menggunakan identitas penumpang – peraturan penerbangan jika tidak salah menetapkan demikian. Tapi kalau pembayaran tentu saja boleh pakai ATM miliki orang tua, kan yang dipakai juga uang dari orang tua. Itu tidak masalah, kalau mau pakai ATM dari anggota keluarga lain juga boleh, punya teman juga boleh jika nanti berencana diganti uangnya kemudian.

      Saya tidak menggunakan ATM BRI, tapi seharusnya tidak berbeda. Pertama memilih menu pembayaran, kemudian dari jenis pembayaran dipilih pembayaran tiket/penerbangan, lalu pilih maskapainya, dan masukkan kode booking yang diminta. Kemudian monitor ATM akan menunjukkan konfirmasi booking tersebut (kode booking, dan rincian penerbangan seperti nomor pesawat dan tanggal penerbangan) jika sudah sesuai, maka lanjutkan pembayaran, dan kemudian struk akan dicetak oleh mesin ATM.

  • andri

    terima kasih ya mas Cahya atas informasinya..

    namun saya masih binggung dalam tahap booking step 3.. di sana ada kotak yang berjudul (nomor lion passport).. apa yang harus diisi dalam kotak tersebut Mas Cahya?

    setahu saya passport tersebut kan digunakan untuk ke luar negri.

    maf mas saya banyak tanya maklum saya baru belajar untuk booking online, ntar kalau salah kan jadi rugi..

    jika beli online kan agak murah, lagian kalau beli ke agen harus keluar rumah dulu.. hehehehe

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Andri,

      Setahu saya ketika sudah memilih sebuah maskapai, dalam hal ini adalah Lion Air, maka kita diminta memasukkan 13 digit nomor pemesanan via ATM – dikenal sebagai "kode bayar". Mungkin ini yang dimaksudkan?

      Dan kemudian jika 13 digit kode bayar dimasukkan dengan benar, maka rincian akan menunjukkan kode booking (maaf, di atas saya salah menyebutkan bahwa yang dimasukkan adalah kode booking) yang sesuai dengan kode bayar.

      Intinya: Pesan di Internet → dapat 2 daftar kode, satunya adalah kode booking yang merupakan kode pemesanan penerbangan, terdiri dari 6 digit alfabet (artinya huruf semua), dan satunya kode bayar (yang akan dimasukkan kodenya di ATM) berupa 13 digit numerik (artinya nomor semua). Kedua kode ini saling berkait.

      Jika benar memasukkan 13 digit kode bayar di mesin ATM, maka akan muncul rincian 6 digit kode booking yang sudah kita pesan, jika sudah sama persis, baru kita lanjutkan "yes" untuk pembayarannya.

      Coba dicek ulang, apakah passport yang dimaksud adalah kode bayar?

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Oh ya Andri, jangan lupa Lion Air menerapkan bahwa kita mesti membayar setidaknya 3 jam setelah kita memesan di Internet. Jadi artinya sama saja keluar rumah kan :).

  • andri

    coba mas yang buka link ini, saya masih kuarng mengerti.

    https://secure2.lionair.co.id/lionairibe/OnlineBo….

    di sana ada kotak (nomor lion passport), namun tidak tau apa yang mau diisi.. saya mengharapkan bantuannya mas..

    saya bayar melalui ATM memang mesin ATM tersebut dekat dengan ruamah. kalau agen perlu naik turn mobil dulu..sekitar 4jam PP..

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Andri,
      Apa yang dimaksud adalah langkah nomor 3, saat mengisi rincian penumpang & detail contact? Tidak, yang itu tidak wajib diisi, mungkin merupakan mekanisme tersendiri dari Lion Air, saya tidak mengisinya dulu. Yang wajib diisi ditandai dengan tanda bintang :) – misalnya kolom nomor telepon genggam tidak ditandai bintang, artinya tidak wajib diisi, sedangkan kolom email itu wajib diisi dengan ditandai bintang di bagian akhirnya (ini seperti sudah ketentuan umum di Internet).

  • andri

    terima kasih banyak ya mas Cahya.. sekarang saya sudah mengerti..

    boleh saya minta alamat FB Mas.? jika suatu saat nanti saya memerlukan bantuannya.

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Andri,
      Sama-sama. Saya jarang pakai Facebook, tapi kalau alamatnya ada di pojok kiri bawah blog ini (yah di sekitar situ seharusnya).

  • http://catatan.legawa.com/ Cahya

    Aries,
    Untuk alasan keamanan, saya rasa itu (informasi tersebut) tidak dapat dipulihkan. Karena itu, buat "online booking" yang baru lagi, pesan lagi dari awal, karena dalam waktu tempo 3 jam biasanya pesanan yang tidak dibayarkan via ATM akan hangus dengan sendirinya (booking dibatalkan secara otomatis).

    Kode booking yang belum sempat dicatat itu anggap saja sudah hangus, dan pesan lagi yang baru. Tidak masalah saya rasa.

  • rachman

    mas mau nanya nich,..jadi untuk menukar bording pass nya kl kita boking lwt internet dan bayar lwt atm,..kita ckp menyerahkan struck pembayaran yang dikeluarka atm ya???

    • http://me.legawa.com Cahya

      Ya Rachman, cukup serahkan itu saja, jika ada keraguan, silakan hubungi call center-nya :).

  • David Setyawan

    thanks ya mas informasinya, saya mau coba nih beli tiket pesawat pakai ATM Mandiri. mudah2an bisa dan lancar besok pas penyerahan strucknya di bandara. :)

  • http://wahyualam.com Wahyu Alam

    Wah, thanks banget mas sharingnya. meski bagi orang yang sudah berulang kali naik pesawat ini adalah hal yang memalukan, tapi bagi yang pertama kali akan naik pesawat ini akan berharga sekali. meski saya baru akan mau transfer tapi setidaknya sudah ada gambaran! Thanks mas.. :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      Terima kasih kembali Mas Alam, semoga memang dapat membantu.

  • Helen Romauli

    selamat siang mas, mau tanya.
    saudara saya sdh melakukan reservasi & pembayaran tiket lion air keberangkatan sekitar 2 bln lagi.
    tetapi ketika hendak mengchek status pembayaran selalu gagal di menu retrieve. apakah bukti struk saja sdh cukup n bagaimana solusinya? tks

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Untuk berjaga-jaga dan memastikan, silakan hubungi kontak Lion Air yang tersedia pada struk ATM.

      Biasanya e-ticket dikirim salinannya ke surat elektronik yang didaftarkan saat memesan secara daring di Internet. Bisa cetak tiket elektronik tersebut dan diserahkan saat check-in di Bandara.

  • dede septian

    pak saya mw tanya.. saya udah bayar tiket lewat atm tapi struk atm nya gk keluar gymana nih pak ?,, saya harap bpk bisa membantu saya, soalnya saldo atm sy udah berkurang utk pembayaran tiket itu, tapi struknya gk keluar. ters nanti buat chek in nya gymana ???? mohon pencerahanya

    • http://legawa.com/ Cahya

      Dede, coba ke cabang bank yang bersangkutan. Bukti transfer bisa dicek di rekening koran yang dicetak bank.

      Atau jika saat memesan menggunakan alamat email. Salinan lunak e-ticket sudah dikirim langsung jika pembayaran telah diterima oleh pihak maskapai. Dan e-ticket itu bisa dicetak dan digunakan untuk check in di bandara.

      • dede septian

        makasih pak… sy besok akan ke bank..utk nge print rek koran. semoga aja gk ada masalah,,,, amin