Kini sudah saatnya merilis daftar pengaya (plugin) WordPress yang digunakan di Bhyllabus. Hanya sekadar untuk catatan semesteran saja. Apalagi saya rasa pemasangan pengaya belakangan ini sudah tidak terlalu banyak perubahan lagi, jadi mungkin ke depannya sudah tidak ada perubahan bermakna di Bhyllabus, baik dari sisi tema maupun pengaya yang mendukungnya.

Semua pasti sudah tahu bahwa blog ini menggunakan “The Erudite”, hanya saja proses pengalihan bahasa versi selanjutnya belum saya benahi, nanti deh kapan-kapan saja. Akan menunggu versi 3.0 dirilis oleh Matt dulu, baru nanti saya benahi translasinya.

Advertising Manager adalah pengaya yang pertama. Dari namanya bisa ditebak, bahwa pengaya ini mengelola dan mengontrol pengiklanan dari pelbagai penyedia iklan terbesar. Ini sekadar coba-coba, melihat bagaimana pola pengiklanan bekerja dalam sebuah situs. Saya tidak mendapatkan keuntungan finansial di sini, sehingga – ya – silakan pasang ABP untuk para pengguna Firefox.

Antispam Bee adalah pengaya antispam yang saya percayakan untuk menjaga blog ini. Sudah lama juga sejak saya tidak lagi mengaktifkan akismet, karena sering sekali menunjukkan hasil false positive, tapi saya tidak tahu sekarang – mungkin performanya sudah membaik.

Comment Notifier adalah pengaya yang saya gunakan untuk mengatur arus diskusi di blog ini. Pengaya ini membantu pemberi tanggapan di blog ini untuk mengetahui apakah ada tanggapan lain yang masuk setelahnya. Dan jika tidak ingin lagi mengikuti tanggapan selanjutnya, bisa melakukan unsubscribe secara mudah.

Copyright Proof masih menjaga digital signature untuk memastikan hak cipta tulisan blog ini terjaga. Saya tidak pelit terhadap hak cipta, namun saya bertanggung jawab untuk kemungkinan penyalahgunaan tulisan saya bagi kepentingan tertentu yang tidak diinginkan. Pengaya ini sudah saya gunakan sejak awal tahun, namun tidak semua fungsinya saya jalankan, misal fungsi untuk menghalangi salin tempel dari blog kita.

Facebook Like It! Tentu saja saya tidak memasang semua tombol bookmarks/share di blog ini. Cukup dua jejaring sosial saja, twitter dan facebook. Sayangnya tidak seperti twitter, tombol facebook like tidak bisa dipasang hanya dengan menggunakan script, karena harus melewati validasi sistem canvas di facebook sendiri. Setidaknya dengan kemampuan saya, maka saya masih memerlukan pengaya.

FD Feedburner Plugin merupakan pengaya yang mengarahkan pranala pemasok RSS blog ke alamat pemasok RSS pihak ketiga, seperti Google FeedBurner misalnya. Jadi mereka yang ingin berlangganan RSS, atau aplikasi pihak ketiga yang hendak membaca RSS (seperti Comment Luv misalnya) akan langsung membaca sindikasi dari Feedburner dan tidak membebani trafik dan lebar pita bulanan blog.

Google XML Sitemap diperlukan untuk membuat sebuah halaman peta situs. Karena di dalam peta situs semua isi blog dituangkan dalam pranala-pranala yang lebih efektif. Peta situs juga bisa diajukan ke pelbagai webmaster tools di Internet, sehingga lebih menyaman buat mesin telusur (seperti Google, Yahoo dan Bing) melakukan bot atau crawl di blog ini.

Related Post by Category adalah pengaya untuk menampilkan tulisan terkait yang cukup ramah bagi CPU server. Sehingga tidak perlu khawatir akan di-banned karena membuat CPU server kehabisan sumber daya.

Tango Smileys Extended merupakan pengaya yang menggantikan smiley bawaan WordPress dengan gambar-gambar PNG yang lebih pas. Saya memilihnya karena cukup pas dengan setelan CSS blog, tidak terlalu besar gambarnya, sehingga komentar yang memiliki smiley tetap tampak rapi. Tentu saja dengan lebih dari 200 ikon smiley, cukup untuk membuat tanggapan lebih bermakna. Tapi rasanya tidak sampai semua itu digunakan, karena mungkin tidak banyak yang tahu kode untuk memunculkan semua smiley itu.

Wapple Architect saya gunakan untuk menampilkan blog ini dalam versi peramban ponsel, lebih ramah untuk pelbagai ponsel. Tapi saya masih melihatnya dan mengujinya, karena beberapa peramban ponsel kadang gagal membukanya. Pengaya ini diintegrasikan dengan WordPress Mobile Admin untuk mengakses halaman admin dari ponsel. Saya rasa saya akan mengganti pengaya ini dengan pengaya lainnya. Mungkin akan diganti dengan WordPress Mobile Pack.

WordPlurk Improved masih saya gunakan untuk melakukan sinkronisasi dengan microblogging Plurk yang saya miliki. Saya tidak begitu aktif di twitter dan facebook, saya lebih suka menggunakan Plurk.

WP-Optimize sangat membantu saya dalam membenahi database dan bersih-bersih sampah yang tidak digunakan lagi di blog. Lumayanlah seperti CCleaner jika pada Windows.

WP-reCAPTCHA pastinya sudah dikenal banyak orang. Mengintegrasikan Google reCAPTCHA dengan sistem keamanan WordPress. Tapi di blog ini saya tidak menggunakannya sebagai bagian dari fitur antispam, karena dengan Antispam Bee saja sudah cukup sekali. Tapi saya menggunakannya untuk menurunkan jumlah komentar di blog ini. Sudah umum diketahui CAPTCHA menurunkan gairah untuk memberikan komentar. Jika orang bilang blog yang populer itu ramai dengan komentar, saya sih masa bodoh saja dengan itu. Kalau tidak terlalu penting toh orang akan pergi tanpa berkomentar, tanpa perlu iseng untuk melewati CAPTCHA.

WP-Typography adalah pendamping yang esensial bagi tema “The Erudite”, memudahkan saya bagi yang tidak memahami seluk beluk tipografi untuk mengatur sedikit kerapian blog, sehingga lebih nyaman untuk dibaca.

WP-UserAgent adalah pengaya untuk menunjukkan sistem yang digunakan pemberi komentar saat mengunjungi blog ini. Jika Anda melihat ada tampilan nama dan ikon peramban serta sistem operasi di tiap bagian atas komentar, itu adalah hasil dari kerja pengaya yang satu ini. Jika ada yang berkata bahwa ada tampilan yang aneh di blog, maka dengan memperhatikan peramban dan sistem operasi yang digunakan, admin dapat mensimulasikan keanehan apa yang sebenarnya terlihat pada blognya yang mungkin tidak terlihat di peramban lain.

WP Super Cache adalah pengaya yang digunakan untuk membangun cache di blog ini sehingga bisa menghemat lebar pita bulanan (tidak boros bandwidth), dan pengunjung pun akan bisa lebih mudah mengakses blog ini.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2010-2013 Cahya Legawa