Pengguna Firefox memiliki Echofon, sedangkan pengguna Chromium mengenal Chromed Bird yang keduanya adalah twitter client pada peramban masing-masing dan cukup banyak digunakan. Lalu bagaimana dengan pengguna Opera? Hmm…, Anda boleh berterima kasih setelah pengembangan Opera Widget selama ini, maka banyak widget untuk pelbagai aplikasi – termasuk untuk twitter.

Opera Twitter Widget atau lebih dikenal sebagai Twiget merupakan salah satu yang cukup banyak digunakan oleh pemakai Opera. Aplikasi ini cukup ringan, tidak lebih besar dari 400 kb. Dan selayaknya Opera Widget lainnya, ia berjalan dengan mesin terpisah dari Opera, jadi jika Opera macet, tidak akan mempengaruhi widget – atau setidaknya begitu yang yang pikirkan (ha ha…). Saya mencobanya di Linux OpenSuse 11.3 dengan Opera Web Browser 11.00. Saya rasa tampilannya cukup unik, penyetelan yang sederhana, serta ada kemampuan geolokasi. Tapi memang saya cenderung suka tampilannya yang cantik itu, berikut pratampil yang saya ambil:

Twiget

Tampilan Twiget pada Opera 11 untuk Linux

Widget ini lumayan baru dikembangkan, sepertinya masih ada beberapa bugs, seperti laporan kadang gambar profil tidak muncul saat melakukan retweet (RT).

Saya rasa ini adalah pilihan yang lebih ramah sumber daya daripada mesti menggunakan aplikasi yang lumayan berat ala TweetDeck. Yah, tapi itu kembali pada masing-masing pengguna. Dan tentu saja versi webnya masih merupakan pilihan paling baik.

Update Maret 2011:

Sekarang Twiget tampilannya sudah jauh lebih menarik dan lebih lengkap, bahkan memiliki kemampuan twitter web ke dalam widget kecil ini, walau meski belum dengan GeoTag. Dan tampilannya jauh lebih menarik dan informatif.

Twiget for Opera

Tampilan Opera Twiget versi 5.5