Apa itu Lupus?

Lupus adalah gangguan seumur hidup dari sistem kekebalan tubuh. Sel kekebalan menyerang jaringan tubuh sendiri yang sehat, yang menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan. Gejala mungkin terbatas pada kulit, tetapi lebih sering lupus juga menyebabkan masalah internal seperti nyeri sendi. Pada kasus yang parah, dapat merusak jantung, ginjal, dan organ vital lainnya. Meskipun ada obatnya, ada pengobatan yang dapat meminimalkan kerusakan.

Jika Anda memiliki lupus, sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat dan jaringan oleh kesalahan. Hal ini dapat merusak sendi, kulit pembuluh darah, dan organ. Ada banyak jenis lupus. Jenis yang paling umum, lupus eritematosus sistemik, mempengaruhi banyak bagian tubuh. Lupus diskoid menyebabkan ruam yang tidak hilang. Lupus subakut kulit menyebabkan luka setelah keluar di bawah sinar matahari. Jenis lain dapat disebabkan oleh obat. Neonatal lupus, yang jarang terjadi, mempengaruhi bayi yang baru lahir.

Siapapun bisa mendapatkan lupus, tetapi wanita adalah yang paling berisiko. Lupus juga lebih umum di Afrika Amerika, Hispanik, Asia dan wanita asli Amerika. Penyebab dari lupus tidak diketahui.

Lupus memiliki banyak gejala. Beberapa yang umum adalah

  • Sendi sakit atau bengkak
  • Nyeri otot
  • Demam dengan tidak diketahui penyebabnya
  • Ruam merah, sering pada wajah (juga disebut "ruam kupu-kupu")

Tidak ada uji satu untuk mendiagnosa lupus, dan mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan atau tahun untuk membuat diagnosis. Tidak ada obat untuk lupus, tapi obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengendalikannya.

Beberapa Gejala Lupus

Gejala Lupus: Nyeri Sendi

Sendi dan nyeri otot sering tanda pertama dari lupus. Nyeri ini cenderung terjadi pada kedua sisi tubuh pada saat yang sama, terutama di sendi, tangan pergelangan tangan, siku, lutut, atau pergelangan kaki. Sendi mungkin terlihat meradang dan terasa hangat saat disentuh. Tapi tidak seperti rheumatoid arthritis, lupus biasanya tidak menimbulkan kerusakan sendi permanen.

Gejala Lupus: Ruam Butterfly

Sebuah tanda tell-tale dari lupus adalah ruam berbentuk kupu-kupu di pipi dan jembatan hidung. Masalah kulit umum lainnya termasuk kepekaan terhadap matahari dengan memperlihatkan permukaan yang pecah-pecah, bintik-bintik merah atau bersisik sebuah, ruam ungu di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, leher, dan lengan. Beberapa orang juga mendapati luka pada mulut atau bibir.

Gejala Lupus: Perubahan Kuku

Lupus dapat menyebabkan kuku menjadi pecah-pecah atau lepas. Mereka mungkin berubah warna dengan bercak biru atau kemerahan di pangkalnya. Bintik ini sebenarnya di kuku, hasil peradangan pembuluh darah kecil. Pembengkakan juga dapat membuat kulit sekitar dasar kuku terlihat merah dan bengkak.

Gejala Lupus: Demam dan Kelelahan

Kebanyakan orang dengan pengalaman lupus dengan beberapa derajat kelelahan. Dalam banyak kasus, cukup parah untuk mengganggu olahraga dan kegiatan sehari-hari lainnya. Kebanyakan pasien juga mengalami demam ringan dari waktu ke waktu. Demam yang tidak jelas ini mungkin merupakan tanda peringatan hanya pada beberapa orang.

Gejala Lupus: Sensitivitas Cahaya

Banyak orang dengan lupus yang luar biasa sensitif terhadap matahari dan bentuk-bentuk lain dari sinar ultraviolet (seperti penyamakan tempat tidur). Sehari di pantai dapat memicu ruam kulit di daerah yang terkena sinar matahari dan dapat memperburuk gejala lupus lainnya. Obat-obat tertentu bisa membuat orang dengan lupus lebih sensitif terhadap sinar UV.

Gejala Lupus: Rambut Rontok

Gejala lupus cenderung untuk datang dan pergi, dan ini termasuk rambut rontok. Pasien mungkin melalui periode di mana rambut mereka rontok pada area patch atau menjadi lebih tipis di seluruh kulit kepala. Setelah flare-up selesai, rambut baru akan tumbuh dengan merata.

Gejala Lupus: Raynaud

Beberapa orang dengan lupus mengembangkan suatu kondisi yang disebut fenomena Raynaud. Jari tangan dan kaki mereka menjadi sakit, kaku, dan geli dalam menanggapi suhu dingin atau stres emosional. Hal ini terjadi darah kecil ketika kejang pembuluh dan membatasi aliran darah ke daerah tersebut. Selama serangan, jari dan jari kaki bisa berubah putih atau biru. Orang juga dapat memiliki Raynaud tanpa lupus atau setiap komplikasi kesehatan yang serius.

Diagnosa Lupus

Lupus atau Sesuatu Yang Lain?

Ketika lupus mulai, itu bisa tampak sebagai banyak kemungkinan lainnya, seperti rheumatoid arthritis, yang menyebabkan nyeri sendi dan bengkak, atau fibromyalgia, yang menyebabkan kelelahan dan rasa sakit. Salah satu aspek yang menentukan lupus terpisah adalah kombinasi dari ruam kulit dengan nyeri sendi dan kelelahan. Ada juga tes laboratorium yang dapat membantu membedakan lupus dari penyakit lainnya.

Mendiagnosis Lupus

Diagnosa lupus bisa rumit. Penyakit ini dapat meniru kondisi lain, dan sering mengambil jalur yang berbeda pada orang yang berbeda. Banyak orang selama bertahun-tahun sebelum mengembangkan gejala tell-tale. Meskipun tidak ada tes satu untuk lupus, protein tertentu biasanya muncul dalam darah pasien. Sebuah tes darah untuk antibodi antinuclear (ANAs) dapat memberikan petunjuk penting. Tes laboratorium lain dapat memeriksa jumlah sel, fungsi ginjal, dan waktu pembekuan darah. Biopsi jaringan kadang-kadang membantu dengan diagnosis.

Siapa yang bisa Terserang Lupus?

Siapapun bisa mendapatkan lupus. Tetapi lebih dari 90% orang dengan lupus adalah perempuan. Selain dari perempuan ini, peluang Anda untuk mendapatkan penyakit ini lebih tinggi jika Anda adalah:

  • Afrika-Amerika, Latin, atau Asia
  • Berumur 15 sampai 45
  • Terkait dengan seseorang dengan lupus

Jenis Lupus

Ketika orang mengatakan "lupus," itu biasanya berarti lupus eritematosus sistemik (SLE), jenis yang paling umum dan serius. Tetapi ada jenis lainnya. Cutaneous lupus erythematosus – juga disebut lupus diskoid – terbatas pada kulit dan tidak menyebabkan kerusakan organ yang kadang-kadang terjadi dengan SLE. Gejala yang paling umum adalah ruam melingkar. Drug-induced lupus sistemik menyebabkan gejala lupus sementara pada orang yang minum obat tertentu.

Terapi Lupus

Pengobatan Medis untuk Lupus

Ada cara untuk mengendalikan gejala lupus. Ini termasuk krim kortikosteroid untuk ruam dan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAIDs) untuk nyeri sendi dan demam. Obat antimalaria dapat membantu melawan nyeri sendi, borok, dan ruam. Kortikosteroid dosis lebih tinggi dapat diberikan sebagai pil atau suntikan. Orang dengan lupus parah mungkin mendapat manfaat dari obat yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Perawatan Diri Penderita Lupus

Membuat beberapa perubahan pada rutinitas Anda juga dapat membantu mengurangi lupus flare-up:

  • Menutupi ketika Anda di bawah sinar matahari.
  • Jangan merokok.
  • Olahraga teratur.
  • Meningkatkan keterampilan manajemen stres Anda.

Juga pastikan untuk mendapatkan banyak istirahat. Beberapa orang dengan lupus perlu sampai 12 jam tidur malam.

Lupus dan Masalah Kesehatan Lainnya

Lupus dan Masalah Ginjal

Ketika lupus berlangsung, dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Sekitar tiga dari empat orang dengan lupus mengembangkan masalah ginjal. Masalah-masalah ini mungkin tidak menimbulkan gejala, meskipun beberapa orang melihat bengkak di kaki atau pergelangan kaki. Kebanyakan pasien hanya mempelajari tentang masalah ginjal mereka ketika tes urine menunjukkan darah atau kadar protein abnormal.

Lupus dan Masalah Jantung

Masalah jantung yang paling umum terkait dengan Lupus adalah peradangan kantung sekitar jantung. Hal ini dapat menyebabkan sakit parah di sisi kiri dada. Orang dengan lupus juga lebih mungkin untuk mengembangkan plak yang sempit atau menyumbat arteri. Hal ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner. Komplikasi lain termasuk penyakit jantung katup dan radang otot jantung. Hubungi dokter atau 118 segera untuk nyeri dada, daripada mencoba mencari tahu penyebab sendiri.

Lupus dan Masalah Paru

Jaringan yang mengelilingi paru-paru menjadi meradang di sekitar sepertiga orang dengan lupus. Hal ini dapat menyebabkan pernapasan yang menyakitkan, atau nyeri dada, atau mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. Terkadang lupus menyebabkan nyeri dada yang tidak berhubungan dengan paru-paru atau jantung. Sebaliknya, rasa sakit itu berasal dari otot dada meradang atau sendi tulang rusuk. Setiap nyeri dada harus segera dievaluasi oleh dokter.

Lupus dan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan yang tidak umum dengan lupus, tetapi beberapa orang mungkin mengalami sakit perut, mual, muntah, kesulitan menelan, atau radang hati atau pankreas. Hal ini dapat dikaitkan dengan lupus itu sendiri atau obat yang digunakan untuk mengobati penyakit. Beberapa orang cenderung menurunkan berat badan selama lupus flare-up.

Lupus dan Anemia

Lupus dan obat yang digunakan untuk mengobati hal itu dapat berkontribusi terhadap anemia pada beberapa pasien. Ini berarti tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah, karena tidak membuat cukup, atau sel darah merah yang sedang menghancurkan lebih cepat daripada yang mereka bisa diganti. Gejala termasuk kelelahan, detak jantung yang cepat, dan sesak napas.

Lupus dan Sistem Saraf

Lupus dapat memicu berbagai masalah dengan sistem saraf, paling sering sakit kepala. Masalah memori ringan adalah keluhan kurang umum yang mungkin datang dan pergi dari waktu ke waktu. Beberapa orang dengan lupus memiliki risiko lebih besar untuk stroke, dan dalam kasus yang jarang, penyakit ini dapat menyebabkan kejang.

Lupus dan Kesehatan Mental

Depresi dan kecemasan adalah risiko untuk orang dengan lupus. Hal ini mungkin akibat dari mempengaruhi kondisi di sistem saraf dikombinasikan dengan ketegangan emosional untuk mengatasi penyakit kronis. Pastikan untuk mendiskusikan keprihatinan apapun tentang suasana hati Anda dengan dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan lainnya. Ada pengobatan sangat efektif untuk depresi dan kecemasan.

Lupus dan Kehamilan

Kebanyakan wanita dengan lupus bisa hamil, meskipun kondisi meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan. Karena gejala-gejala lupus datang dan pergi, waktu terbaik untuk hamil adalah ketika gejala minimal. Wanita yang hamil bila gejala berada dalam remisi kurang cenderung memiliki flare-up atau komplikasi. Pastikan dokter kandungan Anda tahu Anda memiliki lupus. Anda obat dapat dimodifikasi dan Anda dapat menjalani pengawasan ekstra untuk memastikan kehamilan yang sukses.

Lupus Neonatal

Kebanyakan bayi yang lahir dari ibu dengan lupus sepenuhnya sehat. Namun dalam kasus yang jarang terjadi, bayi baru lahir dari ibu dengan lupus mungkin memiliki lupus neonatal. Kondisi ini dapat menyebabkan ruam kulit, anemia, atau masalah hati. Gejala biasanya hilang setelah beberapa bulan dan tidak menimbulkan kerusakan permanen. Namun, beberapa bayi dengan lupus neonatal dilahirkan dengan cacat jantung yang serius.

Hidup dengan Lupus

Kelelahan dan sakit sendi yang berhubungan dengan lupus dapat membuat lebih sulit untuk melakukan pekerjaan Anda atau merawat anak-anak Anda. Anda mungkin harus memotong kembali kegiatan atau meminta bantuan ketika gejala bergejolak. Tapi kebanyakan orang dengan lupus dapat melanjutkan dengan kegiatan yang biasa mereka.

Prospek untuk Lupus

Berkat perbaikan dalam pengobatan untuk lupus, orang dengan kondisi hidup secara signifikan lebih lama. Prospek untuk setiap individu yang diberikan tergantung pada seberapa parah penyakit ini, dan apakah ada organ vital yang terpengaruh. Tapi kebanyakan orang dengan lupus dapat berharap untuk menjalani hidup normal atau mendekati normal.

Tulisan ini merupakan adaptasi dari sumber: “Salinda Pengenalan Lupus” WebMD & “Lupus” MedLine Plus.