Kisah awalnya adalah saya yang sudah kelelahan berkeliling Jogja untuk mencari slot PCMCIA (bahkan karena sudah terlalu sering mengejanya dari toko ke toko, lidah saya sampai kesleo segala). Yang saya adalah sejenis “PCMCIA to PCI Converter PCMCIA to PCI Converter 16 & 32 bit CardBus”, tapi di semua toko besar di Utara Kota Yogyakarta tidak ada. Akhirnya saya kembali ke rumah, dan memaksa diri mencari barang tersebut secara daring. Saya akhirnya menemukan barang tersebut di sini.

Barang ini adalah barang lawas yang sudah sangat langka di pasaran, karena itu saya sulit menemukannya. Akhirnya saya melakukan pemesanan secara daring, dan memilih pembayaran via transfer rekening BNI.

Tapi tiba-tiba di luar hujan deras, jadi saya tidak bisa lagi ke luar untuk mentransfer via ATM. Saya memutuskan untuk membayar via sms banking (sok keren dikit karena malas kehujanan). SMS Banking BNI memiliki format yang sudah baku sebagaimana yang terdapat dalam panduannya.

Format yang diketik adalah:

TRF [nomor rekening tujuan] [nominal] [PIN 6 digit]

Kirim SMS tersebut ke nomor 3346, dan setelahnya akan ada balasan dari server berisi data transaksi (kepada siapa transaksi ditujukan dan nominalnya). SMS balasan ini cukup panjang, tapi selalu diakhiri dengan sintaks “3346#”, jadi SMS harus diteruskan ke nomor 3346 dengan menyertakan semua tubuh SMS balasan tersebut, ditambahkan jawaban konfirmasi kita, tambahkan “YA” tepat setelah tanda “#” (pagar) jika menyetujui, dan “TIDAK” jika kita menganggap data yang disajikan keliru.

Saya sempat salah mengirimkan balasan konfirmasi dengan menulis “YA” berselang satu spasi setelah tanda pagar (maklum, saya terbiasa menulis sesuai ejaan yang tepat), akhirnya perintahnya tidak dikenali. Seharusnya pihak BNI lebih jelas memberikan panduan perintah seperti ini.