Malam yang lalu di milis Ubuntu saya menemukan perbincangan tentang bagaimana cara membuat daftar paket terpasang (program yang terinstal di Ubuntu) dengan mudah. Karena selama ini saya menggunakan beberapa distro yang berbeda, maka biasanya saya menulis manual paket-paket yang saya pasang.

Lalu apa fungsinya membuat daftar paket ini? Seandainya Anda ingin memasang bersih (fresh install) distro Ubuntu, misalnya dari 10.10 ke 11.04 tanpa memperbarui (upgradre), maka membuat daftar paket yang tersedia di sistem operasi lama akan memudahkan memasang paket yang sama lagi pada sistem operasi yang baru nantinya.

Daftar Paket

Daftar paket terpasang yang dibuat ke dalam teks sederhana

Untuk membuat dafar paket seperti gambar di atas, hanya diperlukan beberapa perintah sederhana melalui terminal dengan menggunakan dpgk tentunya.

Gunakan baris perintah berikut melalui terminal:

dpkg --get-selections "*" > Desktop/applications

Maka daftar tersebut akan langsung dibuat, dan bisa ditemukan di map “dekstop” tentunya. Anda bisa memindahkan berkas tersebut ke kandar luar seperti flash disk misalnya. Jika Anda memiliki komputer lain dengan Ubuntu atau baru memasang kembali Ubuntu, maka salin kembali berkas tersebut ke “desktop“, dan ketik perintah berikut (menurut sumber di milis):

sudo apt-get update
sudo dpkg --set-selections < Desktop/applications
sudo apt-get -u dselect-upgrade

Jangan lupa, hubungan ke Internet juga mesti ada. Dan setelah semua proses di atas selesai, maka Ubuntu itu kini seharusnya memiliki paket-paket yang sama seperti yang terpasang pada Ubuntu sebelumnya.

Cara ini akan jauh mempermudah kita dalam menyiapkan sistem operasi Ubuntu yang baru. Namun karena saya sendiri belum mencobanya, jadi tidak tahu bagaimana kesuksesannya, namun ini akan jadi catatan kecil saya jika saya memerlukannya. Setidaknya beberapa hal mungkin akan jadi pertimbangan, seperti ada tidaknya penambahan PPA pada Ubuntu yang sebelumnya saya rasa.