Tampaknya Mozilla memang telah membuat peramban Firefox memasuki era “rapid release development cycle”, di mana versi-versi terbaru dirilis dengan sangat cepat dibandingkan milestone terdahulu. Setelah sukses dengan rilis Firefox 4, kini Firefox 5 dikatakan memberikan lebih dari 1.000 perbaikan & peningkatan di sisi performa, stabilitas serta keamanan.

Firefox 5 tersedia untuk versi komputer (Windows, Mac, Linux) dan ponsel (Androids, iPhone). Tentu saja dengan teknologi anti-pelacakan (do not track privacy feature) yang tersedia pada semua platform tersebut.

Mozilla Firefox 5

Peramban Mozilla Firefox juga mendukung banyak fungsi yang diperkaya melalui add-ons yang begitu banyak dikembangkan oleh komunitas. Anda mungkin akan menemukan bahwa banyak dari fungsi-fungsi ini yang akan begitu membantu.

Versi Windows, Linux dan Mac kini mendukung standar “CSS Animations” – ini bisa membantu para pengembang untuk membangun aplikasi dan situs web yang lebih memukau. Anda mungkin akan menemukan panduan/tutorial untuk hal ini melalui Mozilla Hacks (cek di sini).

Untuk memasang Firefox 5 pada komputer anda, setidaknya sistem yang diperlukan memiliki kemampuan Pentium 4 (setara), RAM 512 MB dan ruang HDD 200 MB. Dan jangan khawatir, Windows 2000 & XP masih didukung. Untuk pengguna Linux jangan lupa paket dan kepustakaan minimal yang diperlukan adalah: GTK+ 2.10, GLib 2.12, Pango 1.14, X.Org 1.0, libstdc++ 4.3, atau versi-versi yang lebih baru lagi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang baru di Firefox 5, catatan rilis, pemasangan, masalah yang diketahui, pertanyaan yang paling sering diajukan dan lain sebagainya, silakan membaca Catatan Rilis Firefox 5.