Hari ini saya memasang kartu grafis baru komputer saya yang menggunakan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, memang pada awalnya agak bingung memilih kartu grafis yang mana karena dukungan kartu grafis pada Linux agak pelik, apalagi jika kartu grafis menggunakan peranti lunak proprietary sebagai pendukungnya. Memang umum disarankan bahwa untuk menggunakan Linux, sebaiknya menggunakan kartu grafis berbasis Intel daripada NVidia atau ATI.

Awalnya komputer saya dilengkapi dengan chipset express Intel G41. Cukup untuk menjalankan desktop 3D seperti Unity namun terkadang kesannya masih cukup berat. Jadi karena itu saya memutuskan memberikan kartu grafis tambahan untuk melesatkan performa Unity.

Oleh karena anggaran yang terbatas, saya memilih kartu grafis yang tidak terlalu mahal. Pilihan saya jatuh pada kartu grafis ATI Radeon HD 4650 1GB DDR3. Selain harganya terjangkau, juga cukup hemat energi, melihat ia bisa dijalankan pada penyedia daya sekitar 350 watt.

ATI Radeon

Kartu Grafis ATI Radeon HD 4650 1GB DDR3

Tidak sulit memasangnya pada sebuah komputer, apalagi karena tidak memerlukan kabel daya tambahan. Setelah pemasangan selesai, tinggal menyusun kembali semuanya dan menyalakan Ubuntu Natty Narwhal seperti biasanya. Anda akan masuk ke desktop Unity, meski akan terasa masih berat. Hal ini karena driver kartu grafis yang baru belum terpasang.

Untuk memasang driver kartu grafis, bisa dilakukan dengan mudah. Ubuntu mendukung sejumlah driver kartu grafis ATI yang bisa Anda lihat daftarnya di Open Source ATI Driver. Anda harus menuju control center dan mengakses additional drivers. Jika Anda menggunakan Unity, maka cukup menekan “Super” dan ketik “add”, maka ikon akses additional drivers akan muncul. Ini adalah keunggulan aksesibilitas dari desktop Unity.

Install Driver

Memasang Driver ATI Radeon pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Sistem akan memeriksa secara otomatis apakah ada proprietary driver yang diperlukan pada komputer anda pasca jendela Additional Drivers terbuka. Lalu sistem akan memberitahukan bahwa tersedia driver untuk AMD/ATI, pilih “active” (tanda panah biru) untuk mengaktifkan driver. Ingat jaringan Internet diperlukan untuk ini, jika driver belum terpasang pada komputer, maka sistem akan mengunduhnya dari Internet. Ini mungkin akan memakan waktu beberapa lama, karena ukuran data yang diunduh cukup besar.

Pasca mengunduh dan memasang driver usai, akan muncul permintaan mulai ulang (restart) sistem. Di pojok kanan atas layar (default pada Unity) tombol power akan berwarna merah, klik itu lalu pilih “restart to complete update“.

ATI

ATI Catalyst Control Center pada Ubuntu Natty Narwhal

Maka setelahnya, driver ATI Radeon sudah selesai terpasang, grafis akan tampak lebih lembut dan kencang. Dan Anda dapat mengakses ATI Catalyst Control Center untuk melakukan tweaking dan menghasilkan grafis yang jauh lebih berkualitas. Dengan ini Unity bisa berjalan dengan lebih baik dan lebih lancar. Dan ini membuktikan tidak sulit meningkatkan kualitas grafis pada Linux dengan menggunakan kartu grafis (VGA) tambahan.

Anda dapat mengecek keterangan kartu grafis dengan perintah terminal:

lspci -nn | grep VGA

Dan yang dihasilkan di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal saya adalah:

01:00.0 VGA compatible controller [0300]: ATI Technologies Inc RV730 PRO [Radeon HD 4650] [1002:9498]

Dengan ini, pemasangan kartu grafis ATI Radeon HD 4650 1GB DDR3 usai dengan lancar.