Bagaimana Anda biasanya membalas komentar yang masuk ke blog WordPress (versi gratis) anda? Apakah masuk ke dashboard sebagai admin dan membalasnya satu per satu, ataukah langsung ke halaman tulisan yang bersangkutan? Bahkan mungkin melalui aplikasi WordPress yang terpasang di ponsel cerdas masing-masing.

Namun pernahkah Anda membalas komentar melalui surat elektronik (surel)? Saya biasanya melakukan metode ini, karena saya menulis di WordPress saya yang gratis itu melalui surel, jadi saya terbiasa membalas komentar juga via surel.

Jika Anda mengaktifkan pemberitahuan via surel untuk setiap komentar yang masuk, maka Anda bisa membalas komentar langsung dengan membalas surel pemberitahuan tersebut. Coba perhatikan bagaimana saya membalas surel notifikasi komentar baru di blog saya:

Balas Komentar

Membalas Komentar melalui Surat Elektronik

Bagian atas tubuh surat adalah balasan saya untuk komentar yang ada di bagian bawah. Perhatikan tanda panah biru, di situ terdapat keterangan bahwa Anda bisa membalas komentar tersebut hanya dengan menekan tombol reply untuk surel notifikasi. Saya membalas komentar tersebut melalui aplikasi klien Mozilla Thunderbird, Anda bisa melakukan melalui klien lain seperti Outlook, Windows Mail, Web Mail, bahkan melalui pushmail di ponsel cerdas anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Pastikan komentar balasan anda ada/tertulis di bagian atas tubuh surel balasan.
  • Setelah menulis komentar balasan, saya sarankan menambahkan sintaks sederhana “!END” (tanpa tanda kutip, seperti gambar di atas). Hal ini karena sistem balasan ini menggunakan prinsip yang sama seperti pada Intense Debate.
  • Balasan komentar tidak dapat digunakan untuk memoderasi komentar (tidak seperti Intense Debate), jadi untuk sistem moderasi, misalnya pada komentar yang baru pertama kali masuk, Anda tetap mesti masuk ke dashboard.

Tampilan balasan komentar langsung muncul di Blog

Anda bisa langsung memeriksa, bahwa komentar balasan sudah langsung muncul di blog. Tapi biasanya tidak perlu, jika sudah melakukan dengan benar, maka tidak akan ada masalah. Hanya saja, saya tidak tahu untuk blog yang mendapatkan komentar super banyak sampai ratusan per harinya, apakah membalas semua komentar itu akan menimbulkan masalah tertentu.

Namun setidaknya, dengan metode ini, saya tidak perlu mengakses langsung blog saya untuk membalas komentar. Ini bisa bermanfaat menghemat bandwidth bulanan bagi yang menggunakan kuota Internet terbatas. Anda bisa melakukan ini dengan santai, tanpa menggulung halaman dashboard ataupun blog untuk mencari komentar mana yang akan dibalas. So, be smart be green, reply with email!