Membalas Komentar WordPress.com via Email

Bagaimana Anda biasanya membalas komentar yang masuk ke blog WordPress (versi gratis) anda? Apakah masuk ke dashboard sebagai admin dan membalasnya satu per satu, ataukah langsung ke halaman tulisan yang bersangkutan? Bahkan mungkin melalui aplikasi WordPress yang terpasang di ponsel cerdas masing-masing.

Namun pernahkah Anda membalas komentar melalui surat elektronik (surel)? Saya biasanya melakukan metode ini, karena saya menulis di WordPress saya yang gratis itu melalui surel, jadi saya terbiasa membalas komentar juga via surel.

Jika Anda mengaktifkan pemberitahuan via surel untuk setiap komentar yang masuk, maka Anda bisa membalas komentar langsung dengan membalas surel pemberitahuan tersebut. Coba perhatikan bagaimana saya membalas surel notifikasi komentar baru di blog saya:

Balas Komentar
Membalas Komentar melalui Surat Elektronik

Bagian atas tubuh surat adalah balasan saya untuk komentar yang ada di bagian bawah. Perhatikan tanda panah biru, di situ terdapat keterangan bahwa Anda bisa membalas komentar tersebut hanya dengan menekan tombol reply untuk surel notifikasi. Saya membalas komentar tersebut melalui aplikasi klien Mozilla Thunderbird, Anda bisa melakukan melalui klien lain seperti Outlook, Windows Mail, Web Mail, bahkan melalui pushmail di ponsel cerdas anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Pastikan komentar balasan anda ada/tertulis di bagian atas tubuh surel balasan.
  • Setelah menulis komentar balasan, saya sarankan menambahkan sintaks sederhana “!END” (tanpa tanda kutip, seperti gambar di atas). Hal ini karena sistem balasan ini menggunakan prinsip yang sama seperti pada Intense Debate.
  • Balasan komentar tidak dapat digunakan untuk memoderasi komentar (tidak seperti Intense Debate), jadi untuk sistem moderasi, misalnya pada komentar yang baru pertama kali masuk, Anda tetap mesti masuk ke dashboard.
Tampilan balasan komentar langsung muncul di Blog

Anda bisa langsung memeriksa, bahwa komentar balasan sudah langsung muncul di blog. Tapi biasanya tidak perlu, jika sudah melakukan dengan benar, maka tidak akan ada masalah. Hanya saja, saya tidak tahu untuk blog yang mendapatkan komentar super banyak sampai ratusan per harinya, apakah membalas semua komentar itu akan menimbulkan masalah tertentu.

Namun setidaknya, dengan metode ini, saya tidak perlu mengakses langsung blog saya untuk membalas komentar. Ini bisa bermanfaat menghemat bandwidth bulanan bagi yang menggunakan kuota Internet terbatas. Anda bisa melakukan ini dengan santai, tanpa menggulung halaman dashboard ataupun blog untuk mencari komentar mana yang akan dibalas. So, be smart be green, reply with email!

  • http://www.isnuansa.com isnuansa

    Wealah, belom pernah praktek yang begini, Bli. Malah notifikasi yang masuk ke email aja kadang jarang dibaca. Saya nunggu bacanya via blog saja.

    Tapi setelah baca tulisan ini, jadi berpikir buat praktek juga sesekali. Mau coba ah. Trims ya. :D

  • http://indobrad.web.id indobrad

    eh fasilitas sederhana ini kok gak pernah saya gunakan ya. utk self-hosted wordpress bisa juga kan?!

    • http://me.legawa.com Cahya

      Tenang, Anda tidak sendiri jika demikian :D.

      Sayangnya ini tidak berlaku untuk self-hosted, tapi masih bisa mendapatkan fungsi serupa dengan menggunakan aplikasi komentar pihak ketiga seperti Disqus atau Intense Debate di WordPress self-hosted.

      • http://www.isnuansa.com isnuansa

        Yah, ternyata nggak bisa ya buat self hosted? *nangis*

        • http://me.legawa.com Cahya

          Ndak bisa Mbak :) – ini saya pun manual masuk ke blog, kecuali pakai Disqus atau Intense Debate, tapi kasihan pembaca yang mau memberi tanggapan kalau begitu.

  • rismaka

    Saya udah lama pakai cara ini untuk blog wordpress gratisan saya, terutama kalau ada waktu luang :D

    Lho memangnya mas cahya baru tau ada fitur ini? Kok baru diposting sekarang?

    • http://me.legawa.com Cahya

      Mas Rismaka, fitur ini kan keluar lama setelah Intense Debate menggunakannya lebih dulu, cukup lama juga sih. Hanya saja mungkin dulu pas mau nulis sudah ada banyak ide numpuk, jadi bahasa ini ditunda dulu, toh cukup sering menggunakannya, nanti pasti akan ingat lagi untuk menulisnya. Saya biasanya begitu :D.

  • http://agung48.wordpress.com agung

    Masih mengandalkan login ke akun email kemudian jump ke all comments pada tulisan terkait. :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      Itu pasti karena pakai sistem flat comment list :).

      • http://agung48.wordpress.com agung

        Disamping saya tidak menyukai komentar bersarang, pengunjung yang datang pun tidak seheboh layaknya seorang artis & saya hanya mempunyai satu blog saja jadi masih bisa bersantai ria menanggapi komentar yang masuk hehehe.

        • http://me.legawa.com Cahya

          Mas Agung, itu kembali ke selera dan keperluan masing-masing :).

  • http://celoteh4ti.wordpress.com yustha tt

    Baiklah…
    Sy coba..

    Eh..eh…arigatou ne, wajahku numpang tenar..
    Hekekek…. :D

    • http://www.diptara.com Joko Sutarto

      Wow, ini artis bloggernya yang dipakai sebagai contoh komentarnya. He He :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      Iya nih, sedang perlu tumbal, makanya kebetulan ada Jeng :D.

  • http://www.diptara.com Joko Sutarto

    Saya baru tahu ada cara ini. Maklum blog WP saya jarang saya utak-atik dan update jadi gak ngerti. Kalau di blogspot saya hanya alert komentarnya saja yang masuk ke email. Balasnya langsung rombongan dari artikelnya langsung waktu online. Kalau balas dari ponsel malas karena kecil keypad dan layarnya. Kecuali kalau komentarnya urgent butuh dijawab cepat, baru saya paksakan balas komentar lewat ponsel.

    • http://me.legawa.com Cahya

      Pak Joko, memang mengutak-atik WordPress perlu upaya ekstra, kalau mau nyaman sih Blogspot memang jagonya :). Hmm…, iya sih, itu susahnya Blogspot, sistem komentarnya memang agak sulit sejak dulu. Tapi tidak tahu sih sekarang, karena saya lebih sering menggunakan Disqus atau Intense Debate di Blogspot.

  • http://jarwadi.me/ jarwadi

    iya, saya sering membalas eh kadang kala sih, membalas komentar melalui email client di ponsel saya, kalau sedang online pc sih pasti saya moderasi dari web nya :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      Wah, ponsel cerdasnya sih :).

  • http://asopusitemus.com Asop

    Waduh, saya selalu balas komentar via dasbor!

    • http://me.legawa.com Cahya

      He he…, artis sih Mas Asop, jadi memang tidak boleh salah balas komentar, tapi kalau pakai MacBook dan Safari, nyamannya ya memang langsung :).

  • febriosw

    Mirip posting WP via email yak. Tidak perlu banyak setting, hanya aktifin koneksi surel ke WP dan menambah !END di akhir balasan. Nah, yang !END itu yang sebelumnya tidak sy ketahui. Terimakasih ilmunya, Mas.

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Memang mirip dengan posting via surel Mas. Sedangkan sintaks akhiran !END tidaklah umum digunakan, tanpa itu biasanya sudah bisa dipahami, hanya kadang jika orang menyetel surelnya dengan tambahan markah seperti “tanda tangan” – markah itu bisa mengganggu pengenalan terhadap balasan yang dikirimkan, pada kondisi inilah sintaks “!END” ini diperlukan.

  • http://arundati.com Nandini

    sepertinya ini pernah dibahas bersama tongseng jamur dan soto yah.. *lupa2inget* :lol: