Saya dulu membeli modem Pantech PX-500 PCMCIA untuk berlangganan Internet Mobi dari Mobile-8. Namun sekarang Mobi sudah beralih menjadi layanan Smartfren Connex, itu lho yang iklannya ada balapan F1 di televisi. Permasalahannya adalah berbeda dengan Linux yang secara otomatis mendeteksi modem Pantech PX-500, tidak demikian halnya dengan Windows, sehingga pihak Mobile-8 menyediakan driver-nya untuk masing-masing seri Windows.

Pada saat saya membeli modem ini, Windows 7 belum dirilis ke pasaran. Dan ketika rilisnya, pihak Mobile-8 pun menyediakan driver khusus untuk Windows 7. Namun entah kenapa driver ini selalu gagal untuk mendetekasi modem Pantech PX-500 di Windows 7. Saya sempat dulu mencobanya di beberapa komputer teman.

Namun saya sekarang mencobanya kembali, tidak dengan driver terbaru yang disediakan, namun dengan driver lawas dari keping CD yang disediakan oleh Mobi saat membeli paketnya dulu. Driver ini ditujukan untuk Windows Vista, namun karena sepengetahuan saya Windows Vista dan 7 masih menggunakan kernel yang setara, maka asumsinya, driver ini juga bisa dipasang (paksa) ke dalam Windows 7.

Smartfren

Koneksi Smartfren dengan Modem Mobi Pantech PX-500 pada Windows 7

Dan viola! Ternyata bisa disambungkan, yah tulisannya sih masih Mobi Access, tapi sudah menggunakan layanan Smartfren Connex. Koneksi cukup stabil, dan pada jaringan EVDO bisa mencapai kecepatan unduh 64 KiB/s hingga 115 KiB/s (setara dengan 512 Kbps sampai 1 Mbps), itupun jika pada jam-jam sepi dengan mengakses server yang bagus.

Speed test

Tes Kecepatan Smartfren Connex pada Jaringan EVDO di jam sibuk.

Di atas adalah hasil uji kecepatan jaringan Internet dengan menggunakan layanan Speedtest.net pada peramban Firefox 5.0.1. Tes ini saya lakukan menjelang pukul 17.00 yang merupakan jam-jam akses yang cukup padat merayap. Namun pada kecepatan sekian dengan menggunakan anggaran minimalis, saya rasa tidak terlalu buruklah untuk jaringan Smartfren.