Ketika saya memasang openSUSE 11.4 Celadon, pada awalnya modem Pantech PX-500 tidak bisa langsung digunakan. Berbeda dengan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang langsung mendeteksinya dan berjalan dengan baik. Namun ini bukan karena openSUSE Celadon tidak dapat mendeteksi modem tersebut, namun karena setelan kekuasaan jaringan yang sedikit tidak umum secara default.

Saya sudah mencobanya dengan menggunakan wvdial (yang dibawa langsung oleh DVD instalasi openSUSE), meskipun lsusb menunjukkan terdapat perangkat modem, bahkan wvdial-pun tidak bisa berbuat banyak, karena tidak dapat mengakses modem yang terkunci. Kunci untuk permasalahan ini – bagi pemula seperti saya – adalah mengambil alih kekuasaan jaringan dari Network Settings di YaST.

Pertama, masuk ke dalam jendela Network Settings, jika melalui menu Gnome klasik, aksesnya ada di pojok kanan bawah di start menu.

Network Settings

Pilihan awal Network Settings pada YaST (GNOME klasik)

Lalu dengan memilih metode pembuatan jaringan via “User Controlled with NetworkManager” maka Network Manager akan langsung dimulai, dan setelan modem bisa dimasukkan dengan segera hingga dan jaringan/sambungan ke Internet bisa langsung tercipta.

Koneksi dengan menggunakan Network Manager cukup stabil melalui kontrol pengguna, saya sendiri langsung menggunakannya untuk melakukan upgrade ke Tumbleweed dengan mengunduh banyak berkas pada kecepatan yang relatif stabil. Bahkan jika berpindah-pindah dari Gnome ke KDE-pun melalui log out/in, jaringan akan langsung tersambung dengan sendirinya, jadi juga memiliki nilai kepraktisan.