Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Microsoft merilis open public seri Windows 8 yang ditujukan sebagai pratinjau bagi pengembang. Versi ini dikenal sebagai Windows 8 Developer Preview, dan bisa diunduh dan digunakan secara gratis hingga 11 Maret 2012.

Untuk mengunduhnya, silakan mengunjungi halaman Microsoft Dev Center. Anda bisa memilih mengunduh versi 32-bit (2,8 GB) atau 64-bit (4,8 GB). Jika hendak mencoba di mesin virtualisasi, ada baiknya mengunduh versi32-bit. Windows 8 tidak hanya untuk komputer dan notebook, namun juga untuk perangkat tablet cerdas yang biasanya diisi dengan Androids atau Windows Mobile (kini sudah tidak ada lagi Windows Mobile).

Windows 8 dinyatakan memiliki ekosistem yang jauh lebih baik dari generasi pendahulunya, baik dari segi kecepatan booting (lebih ringan) maupun kemampuan grafis yang lebih baik (lebih tangguh). Namun Anda mungkin perlu membiasakan diri dengan antarmuka pengguna bergaya “metro” yang dikenalkan di Windows 8, karena mungkin layar sentuh akan lebih membantu anda daripada tetikus.

Karena ini adalah versi pra-beta, jadi tidak disarankan untuk menggunakannya dalam proses produksi. Fitur yang ada di versi ini belum tentu akan ada pada versi final, dan juga sebaliknya. Tidak ada jaminan bahwa produk ini akan berfungsi sebagaimana yang diharapkan, sehingga jika Anda menggunakannya, berarti Anda mesti bersiap menanggung risikonya sendiri.

Untuk memfungsikan fitur-fitur tertentu, Anda mungkin perlu melakukan pembaharuan perangkat keras (yang dalam hal ini juga bisa bermakna membeli komputer baru yang lebih canggih), dan peranti lunak pendukungnya.

Nah, silakan mencoba selagi gratis.