Kreativitas Anonim

Pernahkah Anda berpikir tentang hal itu? Kita ingin menjadi terkenal sebagai penulis, sebagai penyair, sebagai pelukis, sebagai politisi, sebagai penyanyi, atau apa yang akan Anda. Mengapa? Karena kita benar-benar tidak mencintai apa yang kita lakukan.

Jika Anda suka bernyanyi, atau melukis, atau menulis puisi, jika Anda benar-benar mencintai, Anda tidak akan peduli dengan apakah Anda terkenal atau tidak. Keinginan menjadi terkenal adalah sesuatu yang norak, sepele, bodoh, itu tidak ada artinya, tetapi, karena kita tidak mencintai apa yang kita lakukan, kita ingin memperkaya diri dengan ketenaran.

Pendidikan kita sekarang begitu busuk karena mengajarkan kita untuk mencintai kesuksesan dan bukan apa yang kita lakukan.

Hasilnya telah menjadi lebih penting daripada tindakan. Anda tahu, itu baik untuk menyembunyikan kecemerlangan Anda di bawah gantang, untuk menjadi anonim, untuk mencintai apa yang Anda lakukan dan tidak untuk pamer.

Adalah baik untuk menjadi baik tanpa nama. Itu tidak membuat Anda terkenal, hal itu tidak menyebabkan foto Anda muncul di surat kabar. Politisi tidak datang ke pintu anda. Anda hanya manusia yang hidup begitu kreatif dengan anonim, dan di situ ada kekayaan dan keindahan besar.

- J. Krishnamurti, The Book of Life.

  • http://jarwadi.me/ jarwadi

    beberapa orang menyebut apa yang anda tuliskan ini sebagai sebuat totalitas, hehehe

  • http://danisetiyawan.com dHaNy

    Mantebb mas ide tulisanya… Memang sekarang atau mungkin sudah lama orang lebih cenderung ke hasil bukan pada proses pencapaiannya… Orang yang semakin interest dan expert pada suatu hal pasti dia akan sangat menghargai prosesnya disamping melihat hasilnya…

  • http://gadgetboi.wordpress.com gadgetboi

    bisakah kita begitu :D … belom-belum sudah menghayal sih kalu begini dapat ini … kalau begitu akan terkenal … tidak kah kita bisa meniru orang jepang? saya jadi inget posting mariska dimana ada orang yang terkenal karena postingannya di dunia internet dan hingga kini dia hanya menggunakan inisial dan tidak pernah menampakan batang hidungnya! kalau di indonesia tidak akan seperti itu ceritanya bukan? inget shinta-jojo, pocongg (ni orang malah sekarang punya acara gakpenting di TV nasional …) dan parahnya ada yang rebut-rebutan ngaku lagu gabby (masih inget?) kayak lagunya enak aja :lol:

  • http://www.ladeva.wordpress.com Ladeva

    Gak ada bottom like-nya ya Cahya? Yawda, aku tulis aja: like this :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      No, I but you are free to share it to your social network if you like it :).