Saat saya menggunakan openSUSE (dan distribusi Linux lain secara umum), si kadal hijau sudah dilengkapi dengan pemutar musik yang kaya fitur seperti Banshee untuk Gnome dan Amarok untuk KDE. Saya ingin mendapatkan sebuah pemutar musik yang lebih sederhana, mudah digunakan, yah seperti Winamp untuk Linux.

Dulu ada XMMS, namun nasib buruk menimpa pemutar musik open source berbasis GTK 1 ini, ia dijual ke pihak ketiga oleh pihak sponsor tanpa terlebih dahulu memberitahukan, apalagi meminta persetujuan pada pihak pengembang. Kabarnya tidak pernah terdengar lagi, namun saat ini muncul penerusnya yang bernama Audacious.

Audacious memiliki fitur minimalis yang saya inginkan, dan tentu saja sangat ringan untuk dijalankan pada komputer tua saya.

Audacious is an open source audio player. A descendant of XMMS, Audacious plays your music how you want it, without stealing away your computer’s resources from other tasks. Drag and drop folders and individual song files, search for artists and albums in your entire music library, or create and edit your own custom playlists. Listen to CD’s or stream music from the Internet. Tweak the sound with the graphical equalizer or experiment with LADSPA effects. Enjoy the modern GTK-themed interface or change things up with Winamp classic skins. Use the plugins included with Audacious to fetch lyrics for your music, to set an alarm in the morning, and more.

Audacious.ORG

Untuk memutar sebuah lagu yang disobek ke dalam bentuk MP3, dibutuhkan kinerja RAM hanya sebear 15 MB, dan nyaris tidak membuat lonjakkan berarti pada kinerja prosesor.

Tampilan Audacious Media Player pada Gnome - openSUSE Asparagus.

Audacious dapat dijalankan pada Linux dan turunan BSD, juga tentu saja pada Microsoft Windows. Pada semua distro besar sudah bisa digunakan, dan terdapat pada repositori masing-masing, sehingga bisa langsung dipasang dengan instan termasuk melalui perintah terminal “install audacious“.

Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan menuju halaman Audacious Media Player, termasuk bagi pengguna Windows yang ingin mengunduhnya.