WordPress sudah melakukan kemajuan pada notifikasi (pemberitahuan) balasan tanggapan/komentar baru-baru ini, Pak Jarwadi sudah pernah membahas hal ini sebelumnya. Saat ini mengetahui balasan komentar bagi pemilik akun WordPress sangat mudah, cukup dengan memanfaatkan pita navigasi (navbar) di bagian atas.

Jika dulu saya harus menggunakan sistem mengikuti semua tanggapan yang masuk, dan menghasilkan banyak sekali surat elektronik pemberitahuan bahwa ada tanggapan baru terus menerus, Sekarang saya cukup menggunakan pita navigasi.

Berlangganan Komentar

Mencentang berlangganan komentar pada WordPress akan mendatangkan begitu banyak komentar baru pada kotak surat.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan sistem baru ini. Bagi yang memiliki blog populer, yang jumlah pengomentarnya mencapai puluhan bahkan ratusaan saat ada tulisan baru dipublikasikan. Maka area notifikasi akan segera penuh, karena hanya memuat 9 butir pemberitahuan.

Untuk kasus ini, saya rasa pilihan membalas komentar via surel atau pushmail di ponsel cerdas menjadi pilihan bijak daripada harus membuka blog dan membaca semuanya.

Bagi saya yang jarang menulis di WordPress gratisan ini, maka saya tidak melihat banyak pemberitahuan di Navbar. Hanya jika ada balasan komentar saja, sehingga saya bisa berdiskusi dengan membalas komentar lagi dengan cepat.

Navbar

Notifikasi ada tanggapan baru via pita navigasi pada layanan blog gratis WordPress.

Sehingga bisa dikatakan dengan kondisi saya saat ini, saya mendapatkan keuntungan sistem ini tanpa merasakan kekurangan yang dimilikinya.

Sayangnya sistem ini tidak diadopsi oleh mesin WordPress yang ditananamkan pada server lainnya, seperti blog ini. Namun penggunaan Disqus atau sistem komentar pihak ketiga lainnya akan memberikan fitur yang kurang lebih sama, meski tanpa menggunakan pita navigasi.

Hanya satu hal yang tidak bisa dilakukan sistem WordPress ini, yaitu membaca tanggapan yang tidak menggunakan sistem “reply comment“. Misalnya pemilik blog menanggapinya dengan menggunakan “add new comment” – menambahkan komentar baru sebagai balasan sehingga bisa menjawab semua komentar sekaligus. Atau pemilik blog lebih suka menggunakan tambahan “quote reply” pada komentar asli, mungkin karena tampak lebih artistik.

Pada blog-blog WordPress.com yang menggunakan metode tersebut untuk membalas komentar yang masuk (termasuk komentar dari saya), maka saya tidak akan pernah mendapatkan pemberitahuan akan balasan tersebut, kecuali saya melakukan pemeriksaan secara manual. Ya kadang kala saya harus mengalah melakukan pemeriksaan manual

Pun demikian, semua kembali pada masing-masing narablog yang mengelola blognya. Kita bisa menyebutnya sebagai hak prerogatif seorang narablog.