Tanya Jawab Kontrasepsi (KB) Suntik

Kontrasepsi (KB) suntik sudah cukup dikenal dalam masyarakat kita sebagai salah satu bagian metode KB/kontrasepsi untuk merencanakan kehamilan dan memiliki buah hati bagi para ibu. Melengkapi tulisan sebelumnya tentang pertimbangan memilih metode KB, maka tulisan ini akan sedikit mengulas apa-apa saja pertanyaan seputar penggunaan dan kontrasepsi suntik (contraceptive injection) itu.

Secara umum, kontrasepsi/KB suntik dipilih karena sangat efektif, relatif aman bagi kebanyakan wanita, dan tidak memerlukan tuntutan kerutinan/ketaatan yang tinggi seperti pil KB yang harus dikonsumsi setiap hari. Setiap suntikan bisa bertahan untuk delapan hingga dua belas minggu, tergantung tipe suntikannya.

Apa dimaksud kontrasepsi suntik?

Kontrasepsi suntik mengandung hormon progestogen. Dan telah digunakan sejak tahun 1960 secara mendunia. Sebagai contoh mereknya adalah Depo-Provera® yang paling terkenal diberikan setiap dua belas minggu, merek lain Noristerat® biasanya diberikan setiap delapan minggu sekali.

Bagaimana kerja kontrasepsi suntik?

Progestogen disuntikkan ke dalam otot dan kemudian secara perlahan dilepaskan ke peredaran darah. Kinerja utamanya adalah menghentikan pelepasan telur dari indung telur (menghentikan ovulasi). Ia juga mempertebal mukosa yang dihasilkan oleh leher rahim yang kemudian membentuk sejenis sumbatan mukosa. Ini dapat menghentikan sperma untuk dapat masuk ke rahim guna membuahi telur. Ia juga membuat pelapisan rahim menjadi tipis. Ini menurunkan kemungkinan telur yang sudah dibuahi dapat menempel (menanamkan diri) ke dinding rahim untuk berkembang menjadi embrio/janin.

Seberapa efektif kontrasepsi suntik?

Sangat efektif. Kurang dari 4 wanita dari setiap 1.000 yang menggunakannya akan hamil setelah dua tahun. Bandingkan dengan ketika tidak menggunakan kontrasepsi. Lebih dari 80 dari 100 wanita/perempuan yang aktif secara seksual akan hamil dari kurun waktu kurang dari setahun.

Apa saja keuntungan kontrasepsi suntik?

  • Anda tidak perlu mengingat-ingat apakah sudah minum pil setiap harinya. Anda hanya perlu memikirkan kontrasepsi setiap 2-3 bulan sekali.
  • Tidak mengganggu hubungan seks.
  • Bisa digunakan selama menyusui.
  • Membantu sejumlah masalah yang berhubungan dengan menstruasi, seperti nyeri pra menstruasi, menstruasi yang berat, dan lain sebagainya.
  • Bisa digunakan oleh sejumlah wanita yang tidak bisa menggunakan pil kombinasi.
  • Dapat melindungi dari infeksi pelvis. Sumbat mukosa pada leher rahim dapat menghentikan bakteri sehingga tidak memasuki rahim.

Apa kekurangan kontrasepsi suntik?

  • Suntikan tidak dapat dihilangkan begitu sudah diberikan. Efek samping akan bertahan selama lebih dari 2-3 bulan, hingga progesteron lenyap dari tubuh.
  • Oleh karena suntikan bersifat jangka panjang, memerlukan sejumlah waktu pasca suntikan terakhir untuk menjadi fertil (subur) kembali. Ini beragam pada masing-masing wanita. Beberapa perempuan mungkin tidak akan mengalami ovulasi hingga 6-8 bulan setelah suntikan terakhir. Pada kasus yang jarang, bisa diperlukan waktu hingga 2 tahun sampai fertilitas (kesuburan) dapat kembali. Penundaan ini tidak berhubungan dengan masa (sudah berapa lama) Anda menggunakan metode kontrasepsi ini.
  • Periode bulanan Anda akan cenderung berubah. Selama beberapa bulan pertama, beberapa perempuan mengalami pendarahan tak beraturan/tentu yang bisa jadi lebih berat dan lebih panjang dari masa normal. Namun biasanya periode tak menentu ini tidak akan menetap. Setelah beberapa bulan pertama, cukup umum periode akan menjadi lebih ringan daripada biasanya, meski juga bisa jadi tidak beraturan. Semakin lama digunakan, semakin cenderung seorang perempuan tidak mengalami periodenya sama sekali. Berhentinya periode bulanan (menstruasi) akan terjadi pada sekitar 7 dari 10 wanita setelah mereka menjalani suntikan selama setahun.

Beberapa wanita akan mendapati bahwa memiliki periode/perdarahan yang tidak tentu dan tidak bisa diperkirakan akan sangat menganggu. Bagaimana pun juga, jika Anda mengalami perdarahan yang tidak tentu selama menjalani KB suntik, maka hubungilah dokter anda. Perdarahan tidak tentu kadang disebabkan oleh faktor lainnya, seperti infeksi – yang selayaknya mendapatkan pengobatan.

Ilustrasi

Apakah ada efek samping penggunaan kontrasepsi suntik?

Selain perubahan periode perdarahan, efek samping biasanya tidak umum. Jika muncul satu atau dua efek samping, biasanya akan kembali normal setelah sekitar dua bulan. Sebagai contoh misalnya adalah penambahan berat badan, retensi cairan, bertambahnya jerawat, dan rasa tidak nyaman pada payudara.

Kebanyakan alasan wanita berhenti menggunakan kontrasepsi (KB) suntik adalah perdarahan yang tidak teratur.

Suntikan ini juga dapat menyebabkan sejumlah penipisan tulang. Biasanya ini tidak menyebabkan masalah dan kepadatan tulang akan kembali normal ketika suntikan dihentikan. Menggunakan kontrasepsi suntik selama bertahun-tahun dapat mengarahkan pada penipisan tulang yang lebih banyak. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk melakukan peninjauan setiap dua tahun sekali dengan dokter atau perawat Anda. Silakan diskusikan apakah metode ini masih yang paling tepat bagi Anda.

Kadang-kadang, suntikan menyebabkan nyeri dan bengkak pada area di mana suntikkan diberikan. Anda disarankan segera menemui dokter Anda jika ada tanda dan gejala infeksi pada area suntikan (contohnya, kemerahan dan pembengkakan).

Siapa yang tidak bisa mendapatkan kontrasepsi suntik?

Kebanyakan wanita bisa memperoleh KB suntik. Dokter Anda akan mendiskusikan riwayat kesehatan Anda untuk melihat apakah metode ini tepat bagi Anda. Misalnya, Anda sebaiknya tidak mendapatkan kontrasepsi suntik jika baru-baru ini memiliki kanker payudara atau hepatitis.

Jika Anda memiliki risiko osteoporosis (penipisan tulang), maka biasanya akan disarankan memilih metode kontrasepsi lainnya. Contoh faktor risikonya adalah tidak mengalami periode selama enam bulan atau lebih (oleh karena olahraga atau aktivitas berat/berlebihan, diet berlebihan atau gangguan makan), gemar minum minuman beralkohol, atau memiliki riwayat keluarga dekat dengan osteoporosis.

Bagaimana kontrasepsi ini diberikan?

Suntikan biasanya diberikan pada otot, bisa di pantat atau di lengan. Dan tidak diberikan pada saat hamil, oleh karena itu sebaiknya pastikan bahwa Anda tidak sedang hamil saat menerima suntikan pertama.

Oleh karena alasan ini, suntikan biasanya diberikan pada 1-5 hari pertama periode. Jika Anda mendapatkan suntikan pada masa tersebut, Anda akan terlindungi dengan segera. Suntikan selanjutnya akan menyesuaikan dengan produk yang Anda gunakan. Dokter, perawat atau bidan akan memberikan informasi yang diperlukan berkaitan dengan hal ini.

Diadaptasi dari: Contraceptive Injection | Patient.co.uk

  • fatma

    Mlm pak . Saya mw nnya . Klo misalkan Kb telat bbrapa jam itu bikin hamil ga dok .???? Misalkan berhubungan ny jam 00.35 itu di tgl 20/09/14 . Itu harus ny udah waktu ny saya kb lagi’itu bkal hamil atau gak dokk ?? Tp pagi ni saya akan ke bidan untuk suntik kb buat 3 bulan selanjutny

    • http://legawa.com/ Cahya

      Ibu Fatma, apa jadwal KB memang tengah malam?

      Kalau sudah rutin, biasanya telat sehari masih ditoleransi oleh efek perlindungan dari suntikan KB sebelumnya. Kecuali sebelumnya tidak suntik KB (lewat satu siklus suntikan), maka kehamilan berpotensi terjadi.

  • surti hasanah

    Saya biasa pakai kb1bln tapi sampai skarang hampir dkat dgn jadwal di kb kmbali sya mAsih merasakan sakit pada bagiaan suntikan. bulan lalu dan pantat saya jdi membemkak dan terasa nyeri dan nyilu bagaimana solusi nya dan apakah tdk berbahaya??

    • http://legawa.com/ Cahya

      Biasanya tidak akan selama itu. Coba diperiksa ke bidan atau dokter.

  • nuri yanuarini

    Dok..saya pakai kb suntik 1 bulan sudah 13 bln. Bullan ni jdwl suntik tgl 19/10/14. Tetapi saya lupa.dan saya berhubungan dengan suami. Saya baru suntik kb d tgl 20/10/14 dan smp hr ni blm brhbungan lg. Apakah bisa trjd khmilan dok?

    • http://legawa.com/ Cahya

      Ibu Nuri, secara teori, dalam kondisi Ibu, biasanya kecil sekali kemungkinan terjadi kehamilan.

  • Fitri

    Dok, saya KB suntik 1 bulan sekali. Saya baru pertama kalinya suntik KB.

    Pada tanggal 17 Agustus 2014 saya melahirkan anak. Dan sebelum lepas 40 hari saya sudah suntik KB. Saya melakukan suntik KB darah nifas saya belum bersih total. masih ada flek flek gitu dok.

    Setelah melakukan suntik KB, malah ngeluarin darah tetapi tidak banya. Tetapi setelah 1 minggu suntik KB saya terus mengeluarkan darah banyak. bagaimana dengan org datang bulan ya begitulah yg saya alami sampai dengan sekarang.

    Itu gimana cara mengatasinya ya Dok.

    Terima kasih.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Apa Ibu menyusui si kecil?

  • surya

    kalau setelah berhubungan sejam kemudian suntik kb apakah efektif dokter kemudian agar tidak hamil setelah suntik kb besoknya minum progstine apakah boleh dokter terima kasih

    • http://legawa.com/ Cahya

      Surya, kalau sebelumnya tidak ada perlindungan dan pas masa subur. Walau suntik KB setelahnya, maka potensi kehamilan masih ada. Demikian juga dengan metode kontrasepsi lainnya.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Apa mengalami sendiri? Biasanya tidak sampai mengancam kandungan. Ada baiknya dilakukan ANC ulang, karena saat hamil tidak akan disuntik KB.

  • chella

    Dok saya ikut kb 1bln
    apakah akan hamil jika brhubungan terus spermanya terlanjur trbuang di dalam saat berhubungan.

    • http://legawa.com/ Cahya

      KB adalah metode proteksi. Sehingga kita berbicara tentang probabilitas atau kemungkinan. Karena tidak 100% menjamin, maka tidak bisa dikatakan 100% tidak akan hamil. Walau demikian, karena efektivitas yang tinggi, maka kasus kehamilan jarang sekali terjadi pada kondisi di atas.

  • chintya

    Dok, saya baru melahirkan 1 bulan yang lalu dan tgl 31 desember saya suntik KB yang 3 bulan, setelah 4 hari suntik KB saya melakukan hubungan intim dan mengeluarkan sperma di dalam. Apakah mungkin bisa terjadi kehamilan setelah 4 hari suntik KB langsung berhubungan ?
    Terimakasih…

    • http://legawa.com/ Cahya

      Kalau Ibu menyusui dan menggunakan KB suntik. Biasanya kemungkinan hamil kecil Bu pada 1 bulan pertama pasca persalinan.

  • karra

    Dok,saya maw tanya,saya terakhir suntik kb 1bulan,6 bulan yg lalu,jd slma 6bln smpai skrg saya tidak kb lg,dikarenakan suami saya kerja di luar,jd kb saya berhenti,karna g ada suami jd g berhubungan.karna suami maw plg lg 2bln,maka
    saya maw lanjut suntik kb 1bulan apa bisa dok,stlah 6bln tidak suntik kb 1bulan trus maw lanjut suntik kb yg 1bulan lg?
    Karena slma saya tidak suntik kb,haid jd tidak keluar,disamping itu saya masih menyusui baby umur 1tahun 4bulan.
    Mohon jawabannya ya dok…
    Terimakasih

    • http://legawa.com/ Cahya

      Bisa Bu, jangan lupa berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter yang akan memberikan suntik KB untuk menetapkan waktu yang tepat memulainya lagi.

  • herisusanto

    Saya mau nya ! istri saya kb tgl 3 telat 5 hari sutik kb tgl 9 malm samain kira2 jdi g?……..

    • vita

      Dok klu saya mau tanya.,saya haid slma 8 hri.,selesai haid saya terjdwal hrz kmbli sntik.,tapi sya telat 4 hri dr jdwal sntik kb setelah haid kmrin dan 2 hri sblm suntik saya berhubungn.,apakah itu bsa hamil.,

      • http://legawa.com/ Cahya

        Kemungkinannya kecil Ibu Vita.

  • melia

    Dok saya mau tanya.. seandaiinya saya sudah 6bln tdak kb lagi lalu berhubungan bdan setelah 2 jam melakukan kb..apa masi bisa hamil dok..terimakasih

    • http://legawa.com/ Cahya

      Kemungkinan itu ada, karena perlindungan kontrasepsi sudah ditarik.

  • melia

    begini dok saya sudah 6bln tdk memakai kb lagi setelah itu saya kemrin berhubungan badan setelah berhubungan badan bru kb 2 jam kemudian apa masi bisa hamil dok???

    • http://legawa.com/ Cahya

      Iya, kemungkinan itu ada.

      • melia

        Lalu seandaiinya ada kemungkinan hamil bagai mana cara mengetahuiinya dan kapan bisa di ketahuinya dok..??

        • http://legawa.com/ Cahya

          Ada alat tes kehamilan sederhana yang cukup akurat yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Penjelasan bagaimana penggunaan dan kapan digunakan, tergantung alat tes, dan ada baiknya dikonsultasikan langsung dengan pihak apotek selaku penyedia alat.

          • melia

            Proses terjadinya kehamilan apa dalm waktu 3 hari sudah bisa di ketahui dok??

            • http://legawa.com/ Cahya

              Jika menggunakan HCG sebagai target deteksi. Untuk tes darah bisa dalam 7 – 12 hari. Namun untuk urin biasanya sekitar dua minggu pasca ovulasi.

              • melia

                Ok terimakasih banyak dok atas infonya..sangat bermanfaat..

  • Nurhidayah Syuaib

    assalamualaikum,saya pake kb suntikan sebulan,ini baru kb pertama,apakah bulan berikutnya harus suntik lagi meskipun tidak melakukan hubungan bdan?

    • http://legawa.com/ Cahya

      Biasanya itu tergantung pada keinginan pengguna program KB. Pilihan KB suntik biasanya bagi mereka yang masih ingin punya anak tapi dalam jangka waktu yang masih lama, dan masih sering berhubungan badan.

      Karena efek perlindungan bisa dibuat bertahan lama. Jika memang ingin metode yang bisa ditarik atau dihentikan sewaktu-waktu, akan lebih pas rasanya menggunakan pil KB, atau metode barier seperti kondom.

      Untuk pertanyaan ibu, jawabannya tidak apa-apa. Tapi kapan memulai lagi suntik KB berikutnya, jangan lupa dikonsultasikan dengan penyedia layanan. Karena KB suntik umumnya memengaruhi siklus menstruasi, padahal siklus ini digunakan sebagai patokan untuk memulai program KB suntik. Sehingga bisa jadi jika dihentikan di tengah jalan, akan ada kendala untuk memulainya lagi.

  • kartika

    selamat siang dok, saya sudah hampir 5 thn menjalani kb suntik 1 bulan sekali, sudah beberapa bulan terakhir menstruasi saya tidak lancar, kadang haid itupun hanya sehari dan bisa jadi tidak sama sekali. saya takut terjadi hal yang tidak baik pada tubuh saya. Dan saya belum ada rencana untuk menambah momongan lagi. saya ingin mengganti alat kontrasepsi, tapi saya bingung, yang aman dan lebih bagus itu dengan alat kb yang jenis apa?? mohon untuk informasinya dok, terima kasih

    • http://legawa.com/ Cahya

      Kartika, jika memang khawatir dengan kondisi saat ini. Saya sarankan berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan dan kebidanan terdekat. Seandainya kondisi merupakan efek samping biasa dan tidak membahayakan, maka metode KB tidak perlu diganti.

      Hanya saja jika memang ada masalah lain terkait dengan penggunaan KB suntik. Maka pertimbangan menggunakan KB hormonal lainnya akan ditinjau ulang.

      Dan mengetahui mana yang paling baik, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

  • alfian

    Mf ..sya mwo txa…kenapa istri sya tidk mnstruasi stlah ikut program kb suntik 3blan sekali….pdahal sdah 7blan umur ank sya….knapa ya dok…tlog solusixa….ap pxbabxa dan ap resikoxa???

  • http://legawa.com/ Cahya

    Itu bisa jadi efek samping dari suntik KB, selama tidak berlebihan, biasanya masih dianggap wajar Bu.

  • sari

    Dok.mw tny sy sntik kb 3 buln sehrsnya suntk bulan maret tgl 27 tp sya sntik bln feb tgl 26 apakah ada efeknya . Tlng informsiny dok termAkasih

    • http://legawa.com/ Cahya

      Jika hanya berselang satu hari, tidak akan bermasalah Bu.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Jika untuk 1 bulan, tidak banyak penelitian di wilayah itu. Hanya menyebutkan kemungkinan penambahan berat badan, dan tidak efek samping lainnya.

    Suntik KB dengan depo provera umumnya memiliki siklus 13 minggu. Jika memang terpaksa maju, diizinkan hingga 2 minggu lebih awal.

  • n!’am & zain

    Saya maw tnya dok. Kmren tgl 3 pagi sya sntik kb 1 bln trus sore nya keluar drah. Apkah hrs sntik lgi stlh haid slsai

    • http://legawa.com/ Cahya

      Tidak harus, ikuti saja jadwal yang sudah diberikan.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Sudah berapa lama menggunakan KB 1 bulanan? Apa sebelumnya ada gejala serupa?

    Salah satu efek dari KB suntik adalah flek yang tidak terduga.

    • nuruz

      sejak thn 2014 dok, sblumnya sy ikut suntik yg 3 bulan tpi karna kulit saya y smakin gelap jdi sama bidan sya dianjurkan bralih ke y 1 bln…
      trus apa kalau saya muncul flek” atau mngkin haid pda saat belum wktunya kmbali suntik sya harus suntik lagi apa nunggu waktu suntik brikutnya???

      • http://legawa.com/ Cahya

        Jika tidak berlebihan, sebaiknya ditunggu periode berikutnya Bu.

        • N?u?r? F?i?k?r?i?e?

          dok saya mau tanya,saya sering beraktivitas kuliah pagi sampe sore dan suka padat.
          kira” suplemen biar stamina bagus dan daya tahan tubuh bagus.merek apa ya dok.?

          • http://legawa.com/ Cahya

            Saya biasanya lebih menyarankan buah dan sayuran yang kaya vitamin dan serat.

        • nuruz

          oh baiklah klau bgtu dok….., trimakasih

          • http://legawa.com/ Cahya

            Sama-sama.

  • fitry

    Selamat pagi dok….
    Dok… saya mau tanya :waktu tgl 16/12/1014 saya suntik kb 1 bulan dan tgl 16/1/2015 saya haid, kemudian setelah haid saya g suntik kb 1 bulan lagi…. saya dan suami saya berhubungan badan sampe tanggal 6/02/2015 tapi kok saya belum haid sampe sekarang(tgl09/03/2015)… saya udah cek dengan alat tespack pada tgl 07/03/2015 tapi hasilya negatif berarti saya g hamil dokter… kira-kira kemungkinan hamil memang g terjadi dokter? ataukah belum bisa terdeteksi apa saya hamil atau tidak?atau pengaruh karena sutik kb jadi menstruasi saya terganggu? mohon penjelasannya dokter… terimakasih sebelumnya..

    • http://legawa.com/ Cahya

      KB suntik membuat siklus menstruasi bisa tidak tetap atau hilang sama sekali.

      • fitry

        klo kemungkina hamilnya bagaimana dok?

        • http://legawa.com/ Cahya

          KB suntik memang tidak melindungi 100%. Namun dalam penggunaan KB suntik, hilangnya siklus menstruasi tidak bisa digunakan sebagai patokan tanda kehamilan. Pemeriksaan hcg melalui urin atau serum yang bisa dijadikan patokan mendeteksi awal kehamilan. Jika pemeriksaan berturut-turut menunjukkan nilai negatif, berarti kehamilan tidak terjadi.

  • lemy

    Dok..Saya mwu tny
    Saya mnggunakan kb yg 3 bln..sudh hmpir 2thn1/2..trs saya putuskan untuk berhenti…qira2 kmungkinan untuk hamil lgi dlm wktu brp lma setelah brnti Kb..

    • http://legawa.com/ Cahya

      Masing-masing orang berbeda Bu. Jangka waktu bulanan masih wajar. Tapi tidak dapat dipastikan kapan kesuburan tepat kembali.

  • Hikmah

    Assalamu’alaimum,,,,
    Dok, saya kan ikut kb suntik yg 3 bln, suntik pertama cuma ngeflek, suntik kedua dan ketiga saya ga pernah dateng bulan atau ngeflek sama sekali, itu bahaya ga dok?

    • http://legawa.com/ Cahya

      Umumnya tidak bahaya Bu. Itu salah satu efek samping KB suntik.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Ibu bisa melakukan tes kehamilan sendiri. Gangguan pola menstruasi bisa juga disebabkan oleh pengaruh hormon yang terkadang pada suntikan KB tersebut.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Bisa iya, bisa tidak. Silakan konsultasi dengan yang memberikan suntikan untuk melihat kemungkinan terjadinya kehamilan :).

  • http://legawa.com/ Cahya

    Biasanya tidak terjadi kehamilan, karena walaupun tampak suntik KB, hari tersebut bukan pada masa subur.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Pertanyaan ini kurang jelas. Apa bisa dilengkapi dengan pola siklus menstruasi, dan riwayat KB yang sudah dilakukan?

    Jika ragu, silakan berkonsultasi dengan pemberi layanan suntik KB. Karena data di atas diperlukan untuk menjadi pertanyaan Bapak.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Sebenarnya untuk KB suntik tidak masalah diberikan kapanpun setelah persalinan.

    Umumnya disarankan, jika ibu tidak menyusui, maka bisa diberikan 21 hari pasca persalinan. Jika ibu menyusui maka bisa diberikan 6 minggu pasca persalinan.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Untuk kehamilan bisa lebih tepat diketahui melalui tes kehamilan. Sedangkan salah satu efek KB suntik juga perubahan atau hilangnya siklus menstruasi.
    Tanpa pemeriksaan lebih lanjut. Sulit dinyatakan apakah kondisi bunda disebabkan oleh efek KB suntik atau kehamilan.

  • dianasari

    Dok saya mau tanya. Saya pengantin baru karna tuntutan kuliah jadi saya ikuti program KB suntik 1 bulan, tp setelah disuntik KB saya belum melakukan hubungan suami istri karna suami saya kerja diluar kota. Bulan pertama setelah KB haid saya normal, tp bulan kedua pas jadwal suntik KB saya tidak lakukan jadi saya cuma 1bln pertama saja suntik KB dan sekarang sudah berhenti pas bulan ke 2 itu saya haid sudah 7hari haid saya banyak terus, ini kenapa ya dok apa masih disebut efek wajar dari KB suntik 1 bln ?

    • http://legawa.com/ Cahya

      Jika memang banyak berlebihan, tentunya tidak baik. Efek samping dari KB suntik memang pola perdarahan menstruasi yang tidak teratur, bisa memendek atau memanjang, bisa banyak atau sedikit atau tidak ada sama sekali.

      Jika merasa terganggu dengan efek tersebut, bisa mempertimbangkan metode pengganti yang lainnya.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Untuk mengetahui hamil atau tidak, saya menyarankan melakukan tes kehamilan.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Saya tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut karena saya tidak menangani kondisi ibu sejak awal. Saya dapat sarankan untuk berkonsultasi kembali dengan bidan yang merawat :).

    Takutnya saya nanti malah memberi jawaban yang membingungkan.

  • Jie Ant Schell

    siang dok,,saya mau konsultasi..istri saya kan make kb suntik 3bln,,nah istri saya M sampei 1bln lbih,,,stlah g M saya brhubungan,,,pertanyaanku mau brhubungan lgi apakah hrs nunggu habis M lagi biar g hamil ato yg penting dah suntik kb,,,,makasih dok..

    • http://legawa.com/ Cahya

      Jika waktu suntik KB sudah tepat, maka kondisi saat ini sudah terlindung oleh efek kontrasepsi tersebut.

      • Jie Ant Schell

        ya dok makasih infonya,,,brarti g perlu nunggu habis M lgi..soalnya takut jdi hamil kasian anaku ge 9bln,,,pertengahan maret jadwal suntik kb lgi soalnya,,,

        • http://legawa.com/ Cahya

          Boleh saya konfirmasi apa yang dimaksudkan dengan pertengahan Maret untuk jadwal suntik lagi? Bukankah Maret sudah lewat Pak?

          • Jie Ant Schell

            mei pak sory2,,,hehheee,,,cz ge sambil kerja,,,maret yg mulai suntik kb…ow ya klo suntik kb 3bln efeknya M g lancar ya pak,,,bisa lama bahkan g M,,,

            • http://legawa.com/ Cahya

              Oh, iya Pak, salah satu efek nya adalah perubahan siklus menstruasi. Bisa tidak teratur, bisa hanya flek saja, bisa juga tidak menstruasi sama sekali. Selama tidak menimbulkan gejala yang mengganggu maka biasanya tidak masalah.

              • Jie Ant Schell

                iya pak maksaih bgt infonya,,soalnya saya mau berhubungan lgi istri saya takut hamil klo tau g mens,,,ntr di kira telat,,,heheheee..nanti sya konsultasi lgi klo ada apa2,,,yg pnting klo dah kb suntik dah aman selama 3 bln mau berhubungan kpn aja ya dok selama g mens,,,

  • indah_septa

    Maaf….sya mau tanya…gini…sebenarx kmrin shrusnya suntik kb satu blan it balik pada tgl 4 mei 2015…kemudian tgl 5 mei 2015 saya menstruasi..
    Pada saat tgl 6 mei 2015(masih mens) lalu saya baru ingat kalo wktunya balik suntik kb….brrti saya suntik tgl 6 mei 2015.terhitung telat 2 hari suntik…mohon penjelasannya…apakah saya ada peluang untuk hamil ..?
    Terimakasih sebelumnya..

  • http://legawa.com/ Cahya

    Seharusnya masih aktif Bu, karena setelah suntik, periode haid memang kadang tidak teratur, dan tidak menandakan kesuburan kembali atau hilangnya efek suntikan selama dalam batas waktu perlindungan tentunya.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Silakan tunggu sampai periode berikutnya Bu.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Jika tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina/rahim, tentunya secara teori tidak mungkin terjadi kehamilan.

    Koitus interuptus memang metode kontrasepsi yang umum dilakukan pasangan yang tidak menggunakan alat KB khusus, dan itu juga termasuk metode KB alami.

    Hanya saja, angka kehamilan dengan mengandalkan metode ini agak besar. Karena ada kemungkinan sperma tetap terlepas di dalam vagina/rahim sehingga memicu pembuahan sel telur.

  • http://legawa.com/ Cahya

    Biasanya semua mengalami perubahan siklus, hanya saja pada tahap awal mungkin tidak kelihatan. Siklus bisa memendek ataupun memanjang, atau bisa hilang.

    Hal ini terkait dengan efek dari kandungan medroxyprogesterone acetate yang merupakan tiruan dari hormon alami progesteron yang ada pada perempuan. Bisa lihat kembali buku pelajaran biologi SMA mengenai progesteron untuk bisa tahu mengapa bisa terjadi perubahan siklus :).

  • wulan

    Selamat pagi dokter, waktu itu sy hendak suntik kb 3 bln. setelah dites kehamilan oleh bidan ternyata negatif. jadilah saya disuntik. sebulan kemudian sy dinyatakan hamil usia 8 mgg. nah loh…. ada efek g buat bayinya?

    • http://legawa.com/ Cahya

      Wulan, mari berharap tidak ada sesuatu yang buruk terjadi. Untuk saat ini tetaplah kontrol ke dokter ahli kandungan secara berkala guna memantau perkembangan dan kesehatan janin.

      Kebanyakan bayi yang lahir saat tidak sengaja terpapar injeksi KB memang tetap sehat dan tidak menunjukkan gangguan yang bermakna dalam jangka panjang. Tapi untuk amannya, tetap melakukan ANC – antenatal care secara teratur ya.