Anda suka menulis blog, dan ingin menjadikan blog sebuah buku, atau setidaknya ke dalam sebuah buku elektronik? Ada banyak cara untuk ini, salah satunya bisa dipermudah dengan menggunakan Anthologize. Dengan ini Anda bisa mengubah blog WordPress yang mandiri terinangi menjadi sebuah teks elektronik terstruktur.

Anthologize adalah sebuah pengaya (plugin) yang bisa dipasang pada blog WordPress. Pengaya ini disediakan secara cuma-cuma, dan berlisensi open source. Anda bisa menghadirkan publikasi teks elektronik dengan mencomot langsung dari tulisan blog, mengimpor pasokan dari situs luar, atau membuat konten baru langsung di dalam Anthologize. Lalu uraikan, tata, dan sunting pekerjaan Anda, sajikan ke dalam volume tunggal dan dapat diekspor menjadi sejumlah bentuk (PDF, ePUB, TEI).

Anthologize dapat digunakan oleh banyak pihak untuk tugas ataupun profesi mereka, misalnya pelajar yang mengumpulkan catatan lapangan dan menyusunnya menjadi sebuah buku catatan penelitian. Guru yang bisa menyunting pekerjaan siswa menjadi portofolio elektronik dan menyimpannya bahkan setelah para siswa lulus.

Artis, penulis dan penggemar juga bisa mendapatkan manfaat dari Anthologize, demikian juga perpustakaan, balai arsip hingga museum.

Anthologize

Anthologize memerlukan WordPress 3.x dan server dengan PHP 5, dan tidak bisa dipasang pada blog yang diinangi pada WordPress.com. Jika Anda ingin membuat buku dari blog WordPress.com, artikel “Bagaimana mengubah blog Anda menjadi sebuah buku” dalam bahasa Inggris oleh Scott Berkun mungkin akan bermanfaat.

Saat ini Anthologize masih dalam tahap pengembangan alfa. Jika Anda menemukan kesulitan menggunakannya, silakan kunjungi kelompok pengguna Anthologize untuk menemukan siapa tahu sudah ada jawaban di sana bagi kesulitan Anda, atau menanyakan sesuatu yang baru.

Anthologize merupakan bagian dari proyek “One Week | One Tool” yang merupakan institut musim panas yang memberikan pembekalan bagi pesertanya tentang bagaimana membangun perangkat open source digital bagi pendidikan yang berkemanusiaan.

Bagi narablog yang hendak membukukan blognya dengan Anthologize, selamat mencoba.