Beberapa waktu yang lalu, saya menyadari bahwa jalur komunikas surel pribadi saya tidak optimal karena terbentur oleh kapasitas ruang penginang yang rendah, meskipun sementara tidak ada masalah dengan lebar pita bulanan. Jadi saya sendiri tidak terlalu sering menggunakan surel pribadi saya untuk berkomunikas, dan lebih banyak menggunakan akun publik.

Lalu, dengan pelbagai pertimbangan dan fitur yang memang disediakan jasa penginang yang sudah ada sejak lama, maka saya pun ingin memanfaatkan Google Apps for Business – yang fitur integrasi Gmail-nya bisa digunakan secara cuma-cuma untuk pribadi.

Sebenarnya sudah ada banyak orang yang memanfaatkan ini, dan saya mungkin agak terlambat mempertimbangkannya.

Email Pribadi di Google

Pratampil surel dengan domain pribadi menggunakan antarmuka web milik Gmail.

Jika biasanya pada inangan utama saya hanya bisa menyediakan beberapa puluh megabita untuk ruang surat elektronik, maka dengan migrasi ke Gmail Apps, saya bisa mendapatkan ruang beberapa ribu megabita (7 GB) – setara dengan yang diberikan oleh Google pada akun surat gratisannya.

Saya juga bisa dengan mudah menyetelnya melalui protokol IMAP pada Mozilla Thunderbird ataupun ponsel BlackBerry saya. Bagi penggunaan pribadi, ini akan sangat membantu – meski tanpa migrasi pun sebenarnya setelan pada sejumlah klien surel tidak akan masalah.

Dengan ini, saya juga bisa mendapatkan semua fitur gratis yang ditawarkan Gmail. Dan memang lumayan tentunya.

Migrasi ini tidak sulit, cukup mengakses ke: http://www.google.com/enterprise/apps/business/products.html#gmail dan ikuti langkah selanjutnya. Anda bisa melakukan peningkatan ke Google Apps for Business jika mau (ada uji coba gratis selama 30 hari). Namun saya cukup dengan yang gratis saja, meski fiturnya memang tidak selengkap seperti yang memang ditujukan bagi perusahaan besar.

Langkah-langkahnya akan dipandu dengan sangat baik, jadi tidak perlu khawatir. Jika Anda terbiasa mengelola panel kontrol (CPanel) pada situs penginang, maka Anda tidak akan mengalami masalah saat menambah rekaman CNAME (melalui DNS Zone Editor – baik yang simple maupun advance) dan mengubah taget pada MX Entry. Bagi yang baru, kedengarannya mungkin rumit, namun setelah dicoba nanti akan bisa dengan sendirinya. Nilai-nilai tambahan dan perubahan yang diperlukan sudah disediakan melalui panduan di CPanel Google Apss. Jika Anda bingung, silakan merujuk pada tulisan ini atau mungkin minta bantuan pada penyedia jasa penginang Anda.