Sudah lebih dari sebulan saya mendengar tentang keberadaan Bing Desktop, namun belum berniat menggunakannya hingga kemarin saat saya tumben mengakses Windows 7, di daftar Windows Update ada pilihan untuk memasang Bing Desktop – yah, saya coba saja pasangkan.

Bagi yang belum tahu, Bing Desktop adalah sebuah aplikasi ringan yang menempatkan mesin pencari Bing pada Desktop Windows 7, termasuk menjadikan fotografi harian Bing menjadi kertas dinding (wallpaper) pada Desktop komputer – sehingga saya bisa menikmati gambar kertas dinding indah yang berbeda setiap harinya. Wah, ini bahaya juga, bisa-bisa saya kembali menjadi pengguna Windows yang baik.

Bagi Anda pengguna Windows 7 Genuine, cukup memeriksa pada Windows Update apakah sudah ada pilihan memasang Bing Desktop atau tidak untuk mencicipi fitur elegan dari Microsoft Windows dan Bing ini. Atau Anda bisa mengunduhnya secara manual di situs Bing Desktop – Microsoft Download Center.

Bing Desktop

Pratampil Bing Desktop pada Windows 7 - Diperkaya dengan penelusuran "streaming", memberi pilihan pencarian tanpa perlu membuka peramban.

Posisi aplikasi kotak pencari Bing pada desktop asalinya terletak di bagian tengah dan dikenali sebagai aplikasi yang sedang berjalan. Namun jika ini mengganggu, kita dapat menggesernya ke bagian atas tengah dan melekatkannya (pin it) di sana sebagai gadget.

Karena Bing Desktop adalah aplikasi yang berkerja dengan adanya hubungan Internet, maka pastikan komputer Windows 7 selalu terhubung dengan Internet. Jika tidak – hmm…, saya belum tahu efeknya – mungkin aplikasi ini akan sia-sia saja.

Namun jika Anda tidak suka dengan fitur pencarian Bing, namun tetap ingin mendapatkan sejumlah kertas dinding keren dari Bing. Anda bisa mengunduh Bing Wallpaper Pack yang berisi 12 set kertas dinding memukau dari Bing (ukuran berkas sekitar 10,3 MB). Jika Anda seorang fotografer, Anda mungkin juga tertarik mengunduh Microsoft Camera Codec Pack yang membantu membaca pelbagai jenis gambar dari pelbagai jenis kamera.

Saya bisa mengatakan bahwa Bing Desktop adalah sentuhan estetika yang cukup kreatif dari pengembang Microsoft Windows dan Bing.