Menikmati pagi di hari libur ini, saya menyaksikan drama spesial film Detective Conan yang berjudul “Shinichi Kudo and the Kyoto Shinsengumi Murder Case“. Ada sekitar 2-3 episode yang mulai tayang sejak pertengahan April yang lalu. Memang tidak ada Edogawa Conan di sini, namun sebagai gantinya ada Kudo Shinichi (lha, kan sama saja).

Kisahnya berlatar di tempat pengambilan gambar kota tua Kyoto, di mana Heiji sedang memerankan salah satu tokoh Shinsengumi, Soji Okita (penggemar serial animasi Samurai-X pastinya tidak akan asing lagi dengan tokoh ini). Namun sebuah percobaan pembunuhan terjadi hingga Heiji jatuh koma. Shinichi pun memburu kebenaran di balik kasus tersebut.

Saya bukan penggemar film Detective Conan ketika diangkat ke dalam bentuk drama serial, jadi saya tidak bisa mengatakan film ini bagus, namun juga bukan berarti buruk. Memang sulit menemukan karakter yang tepat seperti dalam gambaran novel aslinya.

Shinichi Kudo and the Kyoto Shinsengumi Murder Case

Untuk penggemar serial drama, saya rasa film ini akan memberikan nuansa tersendiri. Sebagaimana film-film drama serial sebelumnya, kasusnya tidaklah begitu rumit (sebagaimana yang diduga), namun tidak akan ada aksi seru seperti saat film “Showdown with the Black Organization“.

Saya sendiri suka unsur komedinya yang klasik, dan akhir ceritanya juga bagus, meski awal cerita rasanya “melanggar” alur aslinya. Secara keseluruhan, 7,5/10 adalah nilai yang baik menurut saya.