Saya menemukan dua ponsel promosi dari Nokia melalui unggahan video mereka di YouTube. Ini adalah dua ponsel berbasis Symbian OS 40 Asha, dengan harga yang cukup murah, mungkin dibawah US$100 (di bawah Rp 1.000.000,00) meski perlu dikonfirmasi lagi kebenaran harga ini nantinya di pasaran. Tapi memang susah membayangkan ponsel layar sentuh semurah itu jika melihat beberapa tahun yang lalu.

Baik Nokia Asha 305 maupun Nokia Asha 311 merupakan ponsel layar sentuh sepenuhnya. Perbedaannya adalah Nokia Asha 305 mengandalkan teknologi dual-SIM dengan jaringan GSM/GPRS dan kamera 2.0 MP, sedangkan Nokia Asha 311 menggunakan teknologi 3G/HSDPA/WiFi dan kamera 3.0 MP. Untuk keperluan standar dan menghemat daya, Nokia 305 akan lebih unggul; sedangkan untuk keperluan berkomunikasi via jejaring sosial dan Internet yang lebih baik – Nokia Asha 311 akan tampak lebih unggul.

Nokia Asha 305 hanya memiliki memori internal sebesar 64 MB, sedangkan Nokia Asha 311 mencapai 256 MB. Namun dengan tambahan memori kartu mikro SD sebesar hingga 32 GB, maka jaminan sebuah memori yang lega untuk perangkat ponsel akan bisa dinikmati. Baterainya cukup tahan lama, setidaknya bisa digunakan untuk mendengarkan musik selama 40 jam.

Namun keduanya memiliki kamera dengan fokus tetap, sehingga tidak bisa digunakan untuk mengambil gambar/foto makro – tapi cukuplah untuk mengambil gambar sehari-hari dan diunggah ke pelbagai jejaring sosial, seperti facebook misalnya. Kedua dikatakan mendukung jejaring sosial dengan cukup baik, dan ini sudah wajar untuk ponsel masa kini. Dukungan surat elektronik dengan IMAP4, POP3 dan SMTP cukup bisa membuat kita menggunakan layanan email dari Yahoo, Live dan Google. Namun perlu diperhatikan bahwa Nokia Asha 305 hanya mendukung jumlah kontak hingga 1.000, sedangkan Nokia Asha 311 hingga 2.000 kontak saja.

Tawaran menarik lainnya adalah bonus 40 permainan dari EA Games yang bisa diunduh dari Nokia Store. Termasuk mungkin bisa memainkan permainan terkenal seperti Angry Birds.

Satu hal yang belum bisa saya pastikan, meskipun memiliki fungsi navigasi seperti Nokia Maps, tapi entah menggunakan GPS atau tidak.

Nokia juga dilengkapi dengan Nokia Messenger yang mendukung: Nokia Chat (akun OVI/Nokia), Windows Live Messenger, Yahoo! Messenger, Google Talk, Nokia Messaging IM, MySpace.

Secara kesuluruhan, ponsel dengan layar sentuh 3.0″ ini sudah cukup memuaskan untuk harga yang rendah, apalagi jika bisa rendah lagi harganya. Jika Anda mencari alternatif ponsel murah yang cukup lengkap fiturnya, memiliki garansi dan purna jual yang baik, sistem yang stabil, maka Nokia Symbian ini adalah pilihan yang baik menurut pendapat saya.