Anda mungkin sering menemukan situs atau blog yang rasanya sulit untuk dicerna, dibaca, apalagi diikuti alurnya. Nah, jika Anda menggunakan peramban (web browser) Opera, Anda bisa memanfaatkan ekstensi yang bernama cleanPages untuk menampilkan bentuk halaman yang lebih bersih selayaknya dalam novel, buku elektronik atau majalah yang sederhana.

Ekstensi cleanPages merupakan pengaya peningkatan keterbacaan (readibility) yang terbaik yang bisa saya temukan untuk peramban Opera saat ini. Anda mungkin akan berminat menggunakan untuk membaca sebuah situs yang menarik namun dipenuhi pernak-pernik yang terkesan mengganggu, seperti iklan misalnya.

Untuk pengguna Opera 12 atau yang terbaru, dapat langsung menemukan dan memasangnya dari halaman koleksi ekstensi Opera.

cleanPages

Pratampil bagaimana cleanPages merapikan sebuah halaman web untuk Anda.

Dan penggunaannya cukup dengan melakukan satu klik pada ikon cleanPages sebagaimana yang ditampilkan contoh gambar di atas, dan situs web yang Anda kunjungi akan segera dirapikan sebagaimana halaman buku kecil yang sederhana. Anda pun bisa menyunting tampilan yang diinginkan melalui menu setelan sesuai dengan kesukaan Anda.

cleanPages improves the readability of webpages by removing unnecessary clutter. It enhances the layout and combines multi-paged articles into one. It works on locally saved pages and in offline mode, too. cleanPages is a multi-lingual derivative work based on the code of the Arc90 labs experiment “Readability™”.

Perlu ditekankan juga bahwa ekstensi ini bukanlah penghalang iklan pada peramban Opera, jadi seluruh halaman harus dimuat terlebih dahulu sebelum menggunakan fungsi ini. Lebar pita Internet untuk iklan akan tetap dihabiskan jika Anda tidak menghalangi iklan tersebut. Untuk menghalangi iklan pada peramban Opera silakan merujuk pada tulisan sebelumnya tentang “AdBlock pada Opera“.