Bagi Anda yang menyukai melakukan pengolahan gambar, desain dan fotografi – terutama pada sistem operasi Linux, maka ini adalah kabar gembira. Karena sebentar lagi majalah khusus akan diluncurkan oleh GIMP, peranti lunak populer pengolahan gambar dengan sumber kode terbuka. GIMP adalah penyunting gambar yang memiliki fitur serupa dengan Adobe Photoshop.

Saya sendiri selalu bekerja dengan GIMP, dan kebetulan memang saya tidak sanggup membeli lisensi Adobe Photoshop yang berharga hingga jutaan rupiah itu. GIMP Magazine yang akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini akan menyediakan pelbagai karya pengguna GIMP.

Setidaknya sekitar 8 juta orang dari pelbagai komunitas di seluruh dunia menggunakan GIMP. Dan GIMP Magazine akan menjadi sebuah majalah digital – wahana bagi karya-karya apik tersebut.

GIMP Magazine rencananya akan berisi karya fotografi, seni digital, tips dan trik, panduan, kelas ahli, ruang pertanyaan, dan mungkin masih banyak lagi. Lebih bagusnya lagi, publikasi ini disediakan secara cuma-cuma alias gratis di bawah lisensi CC-TA-SA 2.5.

GIMP Magazine

Contoh beberapa desain halaman depan GIMP Magazine.

Issue #1 is complete and will launch in the Fall 2012.  We are quite pleased with how this issue turned out and we look forward to publishing on a quarterly basis.  Issue #1 is exactly 50 pages using a traditional 8.125? x 10.75? magazine style layout that is best viewed using facing page mode.  We will be releasing a standard screen resolution PDF, an elegant PDF viewing experience through www.issuu.com/GIMPMagazine and we also have an ePub version already in the works.  All of this will be accessible from our website at: http://gimpmagazine.org.

Jadi jika Anda berminat, langsung saja kunjungi halaman resminya, Anda mungkin menemukan desain inspirasi atau petunjuk untuk memperkaya kemampuan Anda menggunakan GIMP.