Beberapa waktu lalu, Facebook secara sepihak mengubah alamat email yang ditampilkan pada halaman info pemilik akun menjadi alamat email berdomain facebook.com, saya dengar ini disebabkan adanya kebijakan penyeragaman di Facebook. Sebenarnya ini adalah isu lawas, meskipun banyak yang protes karena menganggap Facebook melanggar privasi, namun sepertinya kebijakan ini tidak berubah.

Pada awalnya saya tidak terlalu peduli, namun hanya sedikit penasaran karena tidak jelas bagaimana sistem surel/email ini bekerja. Saya mendengar ada beberapa orang yang tidak pernah mendapatkan surel yang dikirimkan padanya melalui alamat surel yang disediakan oleh Facebook. Sehingga saya pun mencobanya beberapa waktu yang lalu.

Hasilnya mengejutkan. Saya mencoba mengirim dari salah satu alamat surel yang terdaftar di Facebook ke alamat surel yang berdomain facebook.com ini. Ternyata surel tersebut masuk ke kotak pesan Facebook. Artinya jika saya tidak mengakses Facebook atau tidak menggunakan aplikasi Facebook sepanjang waktu (real time) di ponsel cerdas, dan mematikan fitur notifikasi Facebook (yang menjengkelkan itu), maka saya tidak akan pernah mengetahui bahwa saya mendapat kiriman surel.

Saya rasa keseluruhan ide awal Facebook tidaklah buruk, namun implementasinya sama sekali tidak bagus.

Beruntung tampaknya Facebook masih memiliki fitur untuk mengembalikan atau menayangkan kembali data alamat surel yang ingin kita tampilkan dan menyembunyikan alamat surel dari Facebook tersebut. Cukup dengan menyunting setelan pada bagian informasi (bilah info kontak), dan alamat surel asali bisa ditampilkan kembali.

Jika Anda bingung, maka video (amatir) di bawah ini mungkin bisa membantu.

Nah, dengan ini saya tidak akan perlu khawatir jika surel yang dikirimkan dari yang menemukan alamat surel saya di halaman Facebook akan salah alamat atau gagal terkirim (sebagaimana wajarnya). Semoga di masa mendatang tidak diubah secara sepihak lagi oleh Facebook.