Terjatuh mungkin sesuatu yang sepele terdengarnya, namun selalu membawa potensi cedera pada kita, apalagi manula. Karena faktor usia dan banyak hal lagi, manula berpotensi mengalami cedera, baik serius maupun ringan karena terjatuh. Beberapa faktor mungkin bisa dikendalikan atau dihindari, sementara yang lain mungkin dapat diantisipasi.

Anda mungkin tidak bisa menghindari, mengendalikan atau mengantisipasi usia. Namun Anda bisa menjaga kesehatan sejak usia dini, dan saya kira semua orang tahu bagaimana seharusnya menjaga kesehatan, meski beberapa hal mungkin tidak bisa dilakukan dengan mudah; katakan sajanya misalnya olahraga rutin atau berhenti merokok.

Jika ada manula di rumah, Anda pun bisa membantu mereka menghindari cedera dengan sejumlah cara sederhana atau yang cukup logis yang dapat Anda pikirkan. Sama seperti prinsip menyediakan payung sebelum hujan, atau memeriksa kondisi ban mobil sebelum bepergian jauh. Misalnya dengan menyalakan lampu tidur atau lampu tangga saat malam, membantu manula mengenali kondisi sekitar ketika hendak ke kamar kecil saat malam hari.

Dari segi medis misalnya, memeriksakan mata secara rutin, mengganti kaca mata jika diperlukan – karena mata adalah indera yang cukup penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan jika akan mengonsumsi obat, beberapa obat mungkin menyebabkan kantuk atau pusing.

Manula disarankan untuk selalu minta bantuan saat memerlukannya, misalnya jika kesulitan bangun dari ranjang dan sebagainya. Dan bagi mereka yang ada di sekitarnya, harus selalu dapat membantu.

Mengurangi risiko terjatuh bermakna mengurangi risiko cedera. Dan ini bermakna banyak, mulai dari mengurangi kemungkinan beban perawatan medis, hingga menjaga kondisi kesehatan dengan baik di hari tua.