SpiderOak sebagai Alternatif Pencadangan Daring yang Aman

Sebelumnya saya telah sempat membahas Dropbox sebagai pencadangan data secara daring (online backup), dan kini saya akan membahas SpiderOak yang merupakan salah satu alternatif dan pesain Dropbox yang juga dilirik oleh kaum profesional. Jika Anda bertanya di mana bedanya antara SpiderOak dan Dropbox, maka secara singkat dan kasarnya mungkin SpiderOak lebih cenderung memudahkan pengamanan data, sedangkan Dropbox lebih cenderung memudahkan aksesibilitas data.

SpiderOak pertama kali saya kenal melalui distribusi Linux openSUSE yang saya gunakan, dan dijadikan salah satu promosi atau rekomendasi untuk sistem pencadangan daring. Apa yang ditawarkan oleh SpiderOak adalah solusi sistem pencadangan (backup), sinkronisasi (sync), berbagi (sharing), akses (access), dan penyimpanan (storage) secara daring (online) yang bisa digunakan pada sejumlah sistem operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux (Debian, Ubuntu, Fedora, openSUSE). Anda bahkan bisa menggunakannya pada ponsel cerdas iPhone atau Android.

Jadi, SpiderOak menawarkan lebih dari sekadar sistem pencadangan data biasa. Tampilan antarmuka grafisnya memudahkan banyak pengguna untuk mengelola pencadangan mereka dengan mudah.

SpiderOakMisalnya Anda membuat semua data penelitian dan tugas akhir dalam sebuah map (folder) yang diberinama “skripsi”, maka ketika map ini dipilih sebagai salah satu target yang akan dicadangan atau disinkronisasikan, maka secara otomatis proses ini akan berjalan.

Jika Dropbox menggunakan sebuah map publik (public folder) untuk berbagi data dengan pihak lain, maka SpiderOak menggunakan sejenis ruang berbagi (share room) yang masing-masing menggunakan nama pengguna dan kunci, sehingga lebih aman di mana tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya.

Whether you need to access a document you have stored on a remote server, synchronize data between a Mac, Windows or Linux device, share important business documents with your clients, or just rest easy knowing all of your data is safely, securely, and automatically backed up – SpiderOak’s free online backup, online sync and online sharing solution can handle all your needs!

SpiderOak offers a different approach to online backup by combining a suite of services into one consolidated tool – free online backup, synchronization, sharing, remote access, and storage. This difference is further measured in our zero-knowledge privacy policy – the first one ever employed in this setting. Our flexible design allows you to handle data from any operating system (Mac, Windows and Linux) or location (external drives, network volumes, USB keys, etc…) using just one centralized account.

Anda mungkin bertanya, apa pertimbangan memilih SpiderOak daripada Dropbox. Jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, lebih mutifungsi, sebagaimana yang ditawarkan oleh SpiderOak, maka SpiderOak bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Untuk versi gratis, SpiderOak menawarkan ruang sebesar 2 GB, tidak dibatasi jumlah komputer yang bisa saling disinkronisasikan. Dan saya cukup suka dengan kecepatan pencadangan datanya yang cukup cepat dibandingkan mengunggah ke situs pencadangan lainnya.

Anda bisa mendapatkan ruang lebih besar dengan gratis yaitu 2 GB + bonus 1 GB dengan menggunakan tautan rujukan dari saya. Gunakan pranala berikut untuk mendaftar ke SpiderOak:

Daftar Akun SpiderOak Gratis!

Dan setelah itu, Anda perlu mengunduh aplikasinya (yang sesuai dengan sistem operasi Anda) dan dipasang pada komputer.

Jika Anda memerlukan ruang lebih banyak lagi, maka akun SpiderOak bisa ditingkatkan senilai $10 perbulan untuk penambahan ruang kelipatan 100 GB, atau bisa menggunakan pembayaran tahunan sebesar $100 (hemat $20 per tahun). Saya rasa itu cukup murah, setara dengan biaya Internetan kebanyakan pengguna paket data di Indonesia saat ini; dalam pengertian harganya cukup terjangkau. Perusahaan juga bisa memanfaatkannya dengan menggunakan akun SpiderOak Blue atau SpiderOak Blue Plus, yang lebih terjangkau dan multiguna untuk keperluan bisnis.

Ruang yang disediakan untuk versi gratis saat ini bisa ditingkatkan hingga 10 GB. Caranya, Anda dapat melakukan seperti yang saya lakukan di atas, yaitu memberikan rujukan pada orang lain untuk membuka akun SpiderOak.

  • http://jarwadi.wordpress.com/ jarwadi

    layak dicoba ini mas, terutama fitur sharingnya, hehe

    sementara saya sekarang lebih sering menggunakan dropbox saya yang sudah berkapasitas 3,5 giga, dari hasil referral sih :D

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Silakan Pak, lumayan buat tambahan referensi. Dropbox juga masih saya gunakan, tapi lupa berapa kapasitasnya. :-)

  • http://www.facebook.com/agung.haryono Agung Haryono

    Untuk bekerja sementara juga masih mengandalkan Dropbox, Mas :D

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Kalau tidak perlu banyak figur canggih dan hanya ingin penyimpanan awan sederhana, saya juga masih merekomendasikan Dropbox™ •?•

  • ladeva

    Cahya keren! Thanks untuk rekomendasi *langsung buru-buru buka link-nya hehehe…drop box-ku udah hampir penuh* :D

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Sama-sama Deva ;-)

  • http://twitter.com/indobrad indobrad

    saya akui gaptek kalau urusan cloud computing. harus belajar cara menyimpan file spt ini sih, krn laptop rentan virus dan kerusakan fisik lainnya. thanks for sharing :)

  • alief

    belum pernah mencoba nih bli, selama ini baru make drop box, itu juga yang dicadangkan bukan sesuatu yang penting2 banget. yang penting malah dicadangkan offline saja selama ini. bisa jadi alternatif lain jika suatu saat jatah di dropbox sudah penuh.

  • http://twitter.com/noahInfo NOAH Info

    saya masih menggunakan sugar sync mas :D

  • gadgetboi

    wah .. upload saya lebih sering seeding tuh :P … engga pernah sync-sync-an dengan pencadangan daring :D …

  • tina latief

    saya mau coba tapi kok drobox saja belum maksi :)

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Pakai yang ada dulu, kita kan menggunakan sesuai kebutuhan, biar ndak berlebihan.

  • Zippy

    Sampai sekarang aja saya belum juga memanfaatkan fasilitas Dropbox, apalagi Spideroak :D
    Mudah2an bsok2 bisa saya coba, pengen tahu sedahsyat apa fasilitasnya :D
    Btw, saya baru tau kalo “Daring” itu maksudnya “Online Backup”.
    Lumayan dapet istilah baru, huehehhe…. :D

    • http://cahya.legawa.com Cahya

      Daring itu kependekan dari “dalam jaringan” (online); lawannya adalah luring yang merupakan kependekan dari “luar jaringan” (offline).

  • Pingback: SpiderOak untuk Antergos - Bhyllabus()