Kabar baik bagi para pengguna openSUSE, sekarang openSUSE 12.2 Mantis sudah dirilis. Bagi pengguna GNOME seperti saya, maka bisa saya katakan ini adalah desktop dengan Gnome Shell terbaik yang pernah saya cicipi. Tentu saja openSUSE merilis dalam versi GNOME dan KDE.

Saya sempat mengalami kesulitan saat hendak mencicipi edisi ini, ketika Tumbleweed diperbarui dengan lebih dari 800 MB data baru, sistem gagal di-booting saat memilih ketersediaan GRUB 2 yang dibawa oleh openSUSE teranyar ini. Masih bisa masuk Windows, sehingga saya unduhkan manual Live CD edisi GNOME.

Namun karena Live CD tidak bisa digunakan untuk melakukan peningkatan, maka terpaksa dilakukan pemasangan secara bersih (clean install). Kelemahan lain adalah sejumlah besar aplikasi dan data mesti diunduh lagi karena belum tersedia di Live CD.

Desktop GNOME

Pratampil Desktop GNOME openSUSE 12.2 Mantis.

Saya bisa menangkap kesan rapi dan ringan jauh lebih baik dibandingkan edisi sebelumnya. Belum lagi boot screen dan splash screen yang cantik, bahkan Windows 7 bisa dikatakan kalah jauh. Kecepatam boot juga meningkat secara signifikan, sehingga terasa sangat ringan.

Kini Gnome Shell bisa dinikmati tanpa perlu kartu grafis yang mumpuni, karena llvmpipe software renderer in Mesa GL mengizinkan CPU mengambil alih tugas ini dari kartu grafis. Ini berarti pengguna openSUSE bisa menikmati Gnome Shell yang inovatif dengan menggunakan komputer lawasnya. Apalagi ya yang lain, mungkin sedikit sentuhan di sana-sini, seperti Empathy yang kini mendukung video call, serta dukungan akun Live Mail, Facebook, Twitter dan Google yang terintegrasi dengan keseluruhan desktop GNOME 3.4 yang ditanamkan.

Ini akan menjadi sistem operasi yang menemani saya hingga delapan bulan ke depan. Untungnya tidak ada data penting yang hilang karena semuanya sudah dicadangkan dengan Dropbox.