Pengguna Linux di tanah air kini boleh bersorak gembira, salah satu distribusi Linux yang diracik kreativitas lokal kini sudah hadir kembali versi teranyar-nya dengan sejumlah sentuhan dan kreativitas yang tak kalah menawan dibandingkan distribusi Linux buatan luar. IGOS Nusantara 8 adalah versi terbaru dari proyek Indonesia Go Open Source oleh LIPI.

Oleh karena IGOS Nusantara 8 adalah racian lokal, maka selera lokal tentu saja mendapat usungan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari kompatibilitas dengan perangkat yang beredar di Indonesia, termasuk modem dan pencetak (printer). Sehingga bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Linux maupun yang baru pertama kali menggunakan Linux akan dibuat terkesima olehnya.

Ada sejumlah fitur baru yang diusung oleh IGOS Nusantara 8. Pertama, rilis ini menyediakan sejumlah versi yang cukup lengkap sesuai dengan yang Anda inginkan, ada versi LiveDVD, ada versi Live CD (micro, mini, full) yang bisa disesuaikan dengan apa yang Anda perlukan terpasang pada sistem Anda.

Misalnya edisi mikro akan berisi aplikasi yang cukup bagi Anda untuk menjelajah dunia maya, sedangkan edisi mini CD ditambah dengan aplikasi pemutar media (lagu, film, dan lain-lain), untuk edisi penuh ada sejumlah aplikasi pelengkap termasuk aplikasi perkantoran (Libre Office). Sedangkan pada DVD, Anda akan mendapatkan seluruh aplikasi termasuk 8 jenis lingkungan Dekstop yang bisa digunakan (Gnome, Mate, KDE, dan sebagainya).

Rilis IGN 8

IGN 8 – distro Linux nusantara dengan segudang sentuhan baru yang menarik.

IGOS Nusantara 8 memiliki sejumlah set ikon baru yang akan menyegarkan mata Anda, ditambah sejumlah kertas dinding (wallpaper) yang disumbangkan dari seluruh nusantara melalui kreativitas tangan anak negeri sendiri. Tentu saja di dalamnya sudah tertanam aplikasi-aplikasi terkini yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari – seperti mengerjakan laporan kantor, menghitung statistik penelitian; IGN 8 juga dapat berselancar di dunia maya dengan baik, mendengarkan lagu atau menonton film favorit Anda dengan lancar. Tidak lupa bahwa Anda akan bebas dari kebingungan dan ancaman oleh virus komputer tentunya.

IGOS Nusantara 8 mendukung perangkat dengan boot UEFI dan EFI, termasuk di dalamnya MacBook/iMac dan PC atau notebook yang menggunakan teknologi EFI.

Anda bisa menjalankan IGOS Nusantara 8 bersamaan dengan Windows XP/Vista/7/8 atau dengan Linux lainnya. Atau secara mandiri hanya menggunakan IGOS Nusantara 8.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran pada pengembang IGOS Nusantara ataupun sesama penggunakan IGN, silakan bergabung dengan kami melalui milis IGN atau halaman pengguna IGN di Facebook. Atau ikuti twitter IGN di @igosnusantara.

Tentu saja IGOS Nusantara disediakan untuk Anda – masyarakat Indonesia dari pelbagai latar belakang – dengan linsensi yang cuma-cuma. Anda bisa menggunakannya dan menyebarkan salinannya secara mandiri bagi mereka yang memerlukan. Sebuah langkah untuk membebaskan negeri ini dari ketergantungan peranti lunak berbayar dan illegal software.

Jika Anda kebetulan ada di Surabaya akhir pekan ini, maka Anda dapat mengikuti acara pelepasan/rili IGOS Nusantara.

Release Party IGN 8

Release Party untuk IGOS Nusantara 8