Anda mungkin masih ingat saya baru saja memasang Ubuntu Raring Ringtail pada Netbook Asus X201E saya. Dan sekarang saya harus menyandingkannya dengan sebuah printer baru yang terpaksa dibeli untuk menyelesaikan sejumlah tugas. Kota kecil saya tidak menyediakan printer yang ramah untuk Linux, misalnya dari produsen HP – namun lebih banyak menggunakan printer Canon yang dijual satu paket dengan sistem tinta infus (mereka bahkan tidak menyediakan tinta asli dan penjualan tanpa paket tidak tidak asli).

Karena terburu-buru, saya terbentur menemukan sisa printer yang cukup besar, yaitu Canon Pixma MP237 yang merupakan printer multifungsi dilengkapi dengan kemampuan melakukan pemindaian scanning dokumen. Saya tentu tidak masalah jika menggunakan Windows pada laptop utama saya, tapi pada sistem operasi openSUSE ataupun Ubuntu tentu tidak akan sederhana.

Yang menjadi persoalan adalah, tidak seperti HP, printer keluaran Canon seringkali tidak bisa langsung digunakan. Sehingga memerlukan sedikit kerja tambahan sehingga bisa digunakan pada Linux secara umum.

Untungnya, Canon menyediakan printer Pixma MP237 ini cukup ramah untuk Linux – karena pengandar (driver) sudah disediakan melalui situs resmi Canon. Disediakan berkas yang siap dipasang pada turunan Debian (.deb) dan pengguna RPM (.rpm), serta tentu saja source file-nya.

Saya menggunakan Ubuntu 13.04 64-bit, sehingga saya memilih mengunduh berkas berikut:

Setelah itu saya akan mendapatkan dua buah berkas:

  • cnijfilter-mp230series-3.80-1-deb.tar.gz
  • scangearmp-mp230series-2.00-1-deb.tar.gz

Kedua berkas tersebut berisi berkas instalasi DEB yang ada di dalamnya. Saya tinggal mengekstrasinya menjadi masing-masing satu map (folder) dengan dua map di dalamnya (packages + resources). Di dalam map packages terdapat pengandar yang diperlukan. Dengan memasang menggunakan Ubuntu Software Center (klik kanan dan pilih “buka dengan …”), maka pengandar bisa dipasang.

Saya memasang empat berkas yang ada di dalamnya.

  • Untuk printer: cnijfilter-common_3.80-1_amd64.deb serta cnijfilter-mp230series_3.80-1_amd64.deb
  • Untuk scanner: scangearmp-common_2.00-1_amd64.deb serta scangearmp-mp230series_2.00-1_amd64.deb

Perhatikan bahwa saya hanya memilih berkas instalasi pengandar yang sesuai dengan sistem 64-bit yang saya gunakan, jika Anda menggunakan sistem 32-bit, maka berkas lainnya yang dipasang.

Setelah pemasangan selesai, maka saya mengujinya dengan menyalakan printer serta menghubungkan kabel USB-nya ke netbook. Awalnya tidak terdeteksi adanya printer dan scanner baru. Maka untuk printer bisa kita tambahkan secara manual, caranya ya seperti menambahkan printer lainnya.

Canon Printer Pixma MP237

Menambahkan Canon Pixma MP237 sebagai printer baru pada Ubuntu 13.04 Raring Ringtail.

Gunakan menu tatanan sistem untuk menambahkan printer, jika tidak tampak pada awalnya tunggulah beberapa saat atau cari pada kolom pencarian via URI – biasanya printer akan muncul ketika terdeteksi hubungan USB-nya.

Ketika pemasangan selesai, sebuah permintaan mencoba tes cetak akan muncul. Jika Anda memilih “ya”, maka selember dokumen akan dicetak dan memperlihatkan hasil cetakan. Saya melakukan ini untuk digunakan mencoba melakukan pemindaian pada fungsi berikutnya.

Jika saya tidak salah, Ubuntu edisi terbaru ini membawa Simple Scan yang menyerupai Xsane sebagai pengandar dan peranti lunak antar muka grafis untuk melakukan pemindaian dokumen. Saya menemukannya bernama “Pemindai Ringkas” ketika menulis kata “scan” pada dash. Sayangnya, Canon MP237 tidak muncul di sini.

Cara memunculkannya sangat sederhana, sebenarnya pengandar yang sudah terpasang untuk fungsi scanner bisa dijalankan melalui jendela perintah. Maka cukup tekan Alt+F2 lalu ketik “scan”, di sana akan muncul salah satunya “scangearmp” yang merupakan perkakas pemindai untuk Pixma seri MP. Jika kita pilih, maka jendela antarmuka pemindaian akan muncul.

Scanner MP237

Antarmuka Grafis jendela pemindai milik Scanner Pixma MP23 pada Ubuntu 13.04 dijalankan awalnya melalui perintah terminal “scangearmp”. Di dalamnya contoh hasil pindai dari contoh hasil uji cetak sebelumnya.

Dengan ini maka saya tidak menemukan masalah di mana Canon Pixma MP237 tidak bekerja pada Linux. Untuk openSUSE yang saya gunakan, saya akan melakukan teknik pemasangan yang sama dengan memanfaatkan paket instalasi RPM yang disediakan.

Berkas pengandar ini dikompilasi pada November 2012, dan mendukung Ubuntu 12.04 (32/64 bit) – namun mungkin tidak edisi sebelumnya. Saya menemukan kini memasang pengandar di Linux tidak serumit dulu, mungkin karena bagi saya tidak banyak menggunakan perintah terminal. Jika Anda ingin mencoba ini pada Linux khususnya Ubuntu dan turunannya, maka silakan coba dengan berkas pengandar tersebut.