Apa Daun Sirsak bisa Menyembuhkan Kanker?

Salah satu berita di televisi yang saya saksikan barusan menayangkan tentang khasiat rebusan daun sirsak yang bisa menyembuhkan (penyakit) kanker dengan cara membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh penderita. Katanya sudah ada penelitian tentang hal ini, dan katanya juga lebih kuat dari kemoterapi tertentu.

Saya pun tertarik untuk menelusuri informasi ini. Sayangnya data asli yang katanya bersumber dari penelitian Universitas Purdue (mungkin dari Fakultas Ilmu Farmasi-nya) tidak dapat saya telusuri. Jadi saya harus membanting setir ke sumber-sumber lain yang masih dapat diakses.

Sayangnya kebanyakan informasi yang mendukung penyembuhan kanker ini berasal dari media yang menjajakan paket suplemen makanan yang bersumber dari sirsak (lebih banyak disampaikan dalam nama Graviola atau nama latin Annona muricata), dan beberapa blog yang menyalin tempel begitu saja dari sumber-sumber tersebut.

Lalu saya menggunakan beberapa spesifikasi seperti nama kandungan “Annonaceous acetogenins” yang dinyatakan memiliki sifat antikanker tersebut. Secara garis besar dari beberapa artikel dan jurnal yang saya baca, kandungan dalam (daun?) sirsak tersebut memang memiliki sifat antikanker, sayangnya selalu ada kata “tetapi”.

Sepertinya penelitian awal adalah penelitian in vitro (atau yang ada memang hanya penelitian in vitro), di sinilah graviola atau Annonaceous acetogenins tersebut memperlihatkan sifat antikanker. Tentu saja penelitian ini tidak berarti bahwa jika dikonsumsi manusia akan menunjukkan sifat atau efek serupa.

Jadi efek antikanker yang ada pada graviola ini bukan berdasarkan penelitian pada manusia, namun pada penelitian in vitro, dan promosi produk graviola yang banyak tersebut (yang banyak ada di pelbagai website) hanya berdasarkan penelitian ini. Sebagaimana yang disebutkan dalam “Complementary therapies, herbs, and other OTC agents” (Oncology (Williston Park). 2008 Sep;22(10):1202):

Graviola demonstrated anticancer effects in vitro, but has not been studied in humans. Despite the lack of human data, many websites promote graviola to cancer patients based on traditional use and on the in vitro studies. Caution is required as there is no evidence of safety or efficacy.

Jika Anda mengonsumsi suplemen dari graviola, maka Anda perlu tahu bahwa graviola tidak terbukti secara medis memiliki sifat antikanker untuk pengobatan kanker pada manusia. Selain itu memiliki potensi efek samping, konsumsi annonacin dalam kosentrasi tinggi dihubungkan dengan timbulnya sebentuk penyakit Parkinson, meskipun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut (diungkap dalam “MALDI-TOF MS profiling of annonaceous acetogenins in Annona muricata products for human consumption” – Molecules. 2009 Dec 15;14(12):5235-46):

Annonaceous acetogenins are proposed as environmental neurotoxicants consumed through medicinal and alimentary habits and responsible for atypical parkinsonian syndromes observed in tropical areas. Potential sources of exposure still have to be determined, as, to date, only a few batches of products for human consumption were searched for these compounds. To assess the presence of acetogenins, we propose a fast, sensitive and accurate method of screening, using MALDI-TOF MS, with minimal sample preparation. Development of the technique is discussed. Its application to leaves of herbal tea, pulp and bottled nectar of Annona muricata is presented.

Jadi simpulan sementara saya setelah melakukan penelusuran singkat, jika infusan (rebusan) daun sirsak (graviola) mengandung annoaceous acetogenins, maka ia memiliki sifat antikanker secara empiris (tradisional) dan penelitian in vitro. Namun apakah bisa menyembuhkan kanker? Hal ini belum dapat dibuktikan secara medis.

Mungkin jika ke depannya ada yang meneliti hingga penelitian in vivo pada manusia, sebagaimana yang terjadi pada Vincristine – obat kemoterapi yang bersumber dari alkaloid Catharanthus roseus, mungkin juga graviola bisa benar-benar dibuktikan memiliki efek melawan kanker secara medis pada manusia.

  • Deddy Huang

    mamaku sekarang masih minum daun sirsak bli, karena dia ada mioma.

    • http://catatan.legawa.com/ Cahya

      Yang Pak Huang ceritakan beberapa waktu lalu ya? Bagaimana kondisi ibu sekarang?, semoga lekas membaik Pak.

      • Deddy Huang

        makanannya sedang di jaga bli, ukuran miomanya jg belum hilang tapi mengempis dari awal. jadi kata dokter diterapi pake herbal gitu.

        • http://catatan.legawa.com/ Cahya

          Karena sifatnya hormonal mungkin agak lama perlu waktu untuk mengecil, Hanya saja mioma uteri setahu saya bukan kanker, tapi tumor benigna, dan terapinya pun bukan dengan antikanker tapi dengan biasanya dengan obat-obatan yang memanipulasi kadar hormon steroid, hanya saja efek samping obat ini tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang. Tentu saja pilihan lain adalah operasi (seperti histerektomi – pengangkatan rahim).

          Sebenarnya banyak dokter yang seringkali merekomendasikan herbal, tentunya berdasarkan pengalaman klinisnya. Jika memang dokter menyarankan demikian diikuti saja dan dipantau Pak Huang.

          • Deddy Huang

            bulan lalu, tanteku ninggal karena abis operasi pengangkatan rahimnya.
            daya fisiknya pas selesai operasi gak kuat.

            iya memang kebanyakan dokter sekarang, apa-apa dioperasi mirip kayak komputer rusak, di install ulang atau di utak atik dulu.

            jadi memang tidak baik ya buat efek samping ke depannya minum rebusan air daun sirsak bli?

            • http://catatan.legawa.com/ Cahya

              Air rebusan sirsak tidak ada penelitian medisnya setahu saya Pak Huang, jadinya saya tidak bisa berkomentar banyak. Memang ada jurnal yang menyampaikan bahwa kemungkinan sifat nerutoksin yang dikandung bisa mengarahkan pada Parkinsonisme, namun seberapa (banyak dan lama konsumsinya) dan bagaimana persisnya masih perlu diteliti lagi.

              Intinya, tanpa bukti medis yang memadai, tidak bisa dikatakan terbukti menyembuhkan – namun bukan berarti tidak menyembuhkan, dan tidak bisa dikatakan terbukti berbahaya, namun bukan berarti tanpa bahaya.

              Itulah mengapa pengalaman klinis sering kali menentukan jika dokter memberi lampu hijau terhadap suplementasi bahan-bahan herbal. Karena efek samping terapi herbal tidak muncul serta merta seperti terapi medikasi. Sehingga diperlukan pengalaman dalam mengelolanya, seperti bagaimana membuat infus yang baik, misalnya memilih daun yang digunakan, jumlah air, besar api, suhu yang dinginkan selama proses pembuatan perlu masukan dari orang-orang yang memang berpengalaman di bidang tersebut.

              Jika masalah efek samping, maka rasanya tidak ada sesuatu yang tidak memiliki efek samping di dunia ini dalam pengobatan, bahkan untuk terapi herbal sekali pun. Tapi memilih terapi adalah hak pasien sepenuhnya. Jika memang memilih sesuatu, maka saya rasa – siapapun kita – pastilah memilih yang lebih banyak kebaikan yang diberikan daripada keburukan yang dihasilkan.

            • christina

              bulan lalu,mama saya di vonis dr terkena tumor hati,karena ada benjolan,dan benjolan itu da cukup besar sekitar 10 cm.saran dokter dari penang mau di keluarkan,tapi kami tidak mau.karena benjolan itu sama sekali tidak ada gejala sakit dari benjolan tersebut.dan sekarang mama saya hanya minum air rebusan daun sirsak.
              gejala yang di rasakan sekarang memang sekali” ada terasa panas di dalam perutnya,badan juga bisa demam.selain itu sekarang mama saya batuk” dan mimisan.apakah memang ada gejala seperti itu?

              • http://cahya.legawa.com Cahya

                Batuk dan mimisan bisa jadi karena kondisi yang sama ataupun berbeda. Saya tidak membantu dengan menduga-duga, Ada baiknya diperiksakan kembali secara teliti untuk mengetahui penyebabnya dan jika ada, hubungannya.

    • http://twitter.com/zizydmk Zizy Damanik

      Halo Deddy Huang,
      Saya juga ada mioma sih. Jadi bagaimana dengan perkembangan mioma mamanya? Setelah minum rebusan berapa lama itu baru agak mengempis?

      • Deddy Huang

        Halo mbak Zizy,

        Mamaku baru terdetect bulan 8 tahun kemarin, gejala awal dia itu datang bulannya gak tepat waktu (saya rasa tiap cewe pasti tahu kapan dia akan datang bulan), lalu gejalanya sakit di bawah perut. Saya sarankan mamaku untuk ke dokter dan ngecek.

        Sempat beberapa dokter yang mamaku datangin, dan beberapa dokter awal diagnosisnya tidak tepat, ada yang bilang kanker, ada yang bilang mau menopause, ada yang bilang kista. dan kecewanya mereka beri obat resep yg harganya mahal.

        Barulah dapat dokter yang mamaku cocok. Diagnosisnya bilang ada mioma ukuran awalnya 4cm, lalu si dokter beri obat untuk dimakan, turun sekitar 3 cm gitu.

        Lalu mamaku cari obat herbal, yaitu propolis. Rutin minum itu akhirnya turun jadi 1cm gitu.

        Tapi sekarang mamaku udah dijarangin untuk minum propolis, karena harga beli nya mahal. makanya alternatifnya dengan minum rebusan daun sirsak menurut kata teman mamaku yang dia juga punya mioma dan saranin ke mamaku gitu.

        Logika saya sebenarnya, cara mau minum rebusan air sirsak atau propolis, (herbal) itu alternatif kita seperti kata bli Cahya adalah hak orang. Namun, sebenarnya mioma ini tiap orang ada sel nya dalam tubuh. Dia akan bereaksi kalau pola makan kita gak baik, kesehatan gak dijaga. Makanya sekarang mamaku pola makannya dijaga dan banyak pantangan yang dia patuhi. Misalnya kurangin makan daging ayam, makan telur. Seperti itu mbak Zizy.

        Salam kenal buatmu :)

    • yuni

      pak deddy huang, apakah setelah minum rebusan daun sirsak…miom mama nya sudah mengecil??? karena saya ada mioma juga nih….

      • Huang

        Halo mbak Yuni, terima kasih sudah berkunjung ke blognya bli Cahya juga.

        Perkembangan mioma dari mama saya sudah membaik. Ya memang mengecil untuk saat ini. Untuk mioma yang ukurannya besar, ada dokter yang menyarankan untuk segera dioperasi. Tapi itu gak berlangsung lama, ada kemungkinan bisa timbul sel yang baru.

        Jangan panik dulu, mioma ini akan mengecil saat menopause. Karena kalau masih datang bulan kondisi miomanya akan tetap ada. Sebagai solusinya, bisa dijaga pola makannya mbak. Ada pantangan-pantangan makanan yang gak baik untuk yang ada mioma, seperti daging merah, telor kuning (telor putih boleh), ayam negeri (ayam kampung boleh), gandum.

        Sekarang mama saya sudah gak minum air rebusan air sirsak, sepertinya memang tidak kelihatan efek pengobatannya mbak :)

  • http://catatan.legawa.com/ Cahya

    Wah…, saya bukan pakarnya pengobatan herbal Mbak Zee. Tapi rasanya tetap saya sulit menemukan bukti ilmiahnya.

    Kalau secara tradisional sih banyak ditulis di media-media lainnya.

    • Deddy Huang

      Tradisional itu pengobatan kayak kita cocok-cocok-an, ada si A yang cocok dengan herbal A, belum tentu treatment yang dilakukan oleh si A akan cocok dengan si B dengan menggunakan herbal B.

      • http://catatan.legawa.com/ Cahya

        Pak Huang,
        Tidak hanya obat tradisional, obat modern pun juga demikian. Karena itu dunia kedokteran berupaya keras mengembangkan personalized medicine. Mengembangkan obat khusus bagi orang-orang yang memang sesuai dengan obat tersebut.

  • Sugeng

    Wah padahal terapi rebusan daun sirsak itu sudah merakyat untuk obat anti kanker. Tapi aku juga gak tahu seberapa akurat kebenaran nya karena di keluargaku sendiri tidak ada riwayat kanker.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • http://catatan.legawa.com/ Cahya

      Jangan disayangkan Pak Sugeng, ini justru bisa mengembangkan dunia pengobatan herbal dan tradisional di negeri ini bukan :).

  • Kheynie

    * JUST INFO *

    BAGI PENDERITA SIROSIS HATI, LEBIH BAIK JANGAN MENCOBA AIR REBUSAN DAUN SIRSAK. KARENA AIR REBUSAN TERSEBUT TIDAK COCOK SAMA SEKALI.

    MAMA SAYA LANGSUNG TIDAK BISA B.A.B & B.A.K SETELAH MINUM 3 GELAS. DAN SETELAH DICEK DARAHNYA, ALBUMINNYA TURUN DRASTIS.

    TOLONG DISEBARKAN KEPADA YANG LAINNYA. TERIMA KASIH SEBELUMNYA. MOHON MAAF JIKA ADA YANG TERGANGGU DENGAN INFO INI.

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Mbak Dewi,
      Pertama-tama saya turut prihatin dengan kondisi ibu Mbak. Namun saya rasa kita tidak dapat menjustifikasi begitu saja kondisi ini. Penderita sirosis hati memang rentan dengan penurunan kondisi albumin, bisa jadi tidak dipicu sama sekali oleh faktor nutrisi, pun demikian tidak menutup kemungkinan untuk itu.

  • Feny

    Ayah saya menderita kanker liver, dan baru menjalani operasi. Banyak teman dan saudara yg menyarankan untuk minum rebusan daun sirsak yang katanya sangat bermanfaat. Akan tetapi, beberapa dokter yang saya temui ( di Penang- Malaysia dan Surabaya) menyarankan untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih obat yang masuk ke dalam tubuh. Mereka berpendapat, bahwa apa pun yang masuk ke dlm tubuh, akan berpengaruh ke liver dan juga ginjal ( kebetulan papa juga menderita diabetes menahun, yang tentunya berpengaruh pada ginjal juga). Dokter ahli liver juga mengatakan, bahwa banyak orang yg pada awalnya sakit cancer, tapi fungsi livernya masih baik, mencari jalan dengan minum obat2an herbal yg tidak jelas, akhirnya malah mengakibatkan rusaknya fungsi liver. Oleh karena itu, saya sangat takut untuk memperbolehkan ayah saya mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini. Kalau boleh tahu, apakah ada dokter yang pernah memberikan pernyataan pasti ttg keefektifan daun sirsak? Terimakasih.

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Feny, sepanjang sepengetahuan saya tidak ada dokter yang pernah memberikan pernyataan tentang keefektifan daun sirsak, oleh karena tidak ada evidence based medicine yang akan mendukung pernyataan tersebut saat ini.

  • ima

    ade aku 9th mengidap menyakit leukimia aml 4,,,, dan harus dikemo.. setelah check up kembali ibu saya mendapat artikel dari orang yang sama terkena leukimia. bahwa rebusan daun sirsak efeknya sama dengan kemoterapi bahkan lebih hebat karna hanya membunuh sel sel yang abnormal saja… saya sangat takut untuk mencoba.. dan apakah ada bahan herbal lain yang bisa meningkatkan sistem imun dan membunuh sel sel yang abnormal…. mohon informasinya.

    • http://catatan.legawa.com Cahya

      Ima, saya tidak tahu pasti jika menyangkut herbal, tapi ada banyak yang "diklaim" (tidak secara medis) mampu melawan sel kanker, setidaknya saya pernah dengar mengkudu (buah noni) adalah salah satu di antaranya.
      Setahu saya tidak ada bukti ilmiah bahwa pengobatan herbal dapat menyembuhkan kanker, meski ada beberapa uji coba klinis yang menunjukkan pengobatan herbal dapat memperpanjang usia harapan hidup penderita kanker. Jika Ima hendak mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi situs Cancer Help pada bagian yang membahas Herbal Medicine.

  • aryono

    Saya sejak 6 bln lalu menderita kanker prostat metastase tulang dan saat ini menjalani terapi hormonal, disamping itu juga mengkonsumsi rebusan daun sirsak 3gelas sehari. Saar ini psa 0.39 dari 65.5, dan bulan juni nanti terapi hormon akan dihentikan dan hanya dipantau psanya saja. Mungkin pada saat itu sy akan dapat memantau apakah rebusan daun sirssak dapat membantu mempertahankan psa. Saat ini tidak dirasakan effek samping dari rebusan daun sirsak . Salam

  • aryono

    Ima, sy sudah mengjkonsumsi rebusan daun sirsak tanpa effek samping. Sy tidak tahu apakah turunnya psa dikarenakan terapi medis atau herbal.Yang pasti reaksi kanker sangat responsif dan saya merasa lebih sehat dan beraktivitas seperti sebelum sakit.Yang penting keyakinan kita atas pengobatan yg kita lakukan baik medis atau herbal sehingga bisa memberikan effek positip bagi tubuh kita.salam

  • joni

    @aryono. mas kalo boleh tau minum 3 gelas nya dari seduhan 10 lembar daun saja? atau gimana? lalu efek nya itu mulai terasa setelah brp lama (seperti badan lebih enak / napsu makan membaik atau yg lain) ?

  • aryono

    Mas Joni

    Selain rebusan daun sirsak saya juga menambahkan dengan keladi tikus, mengenai effek dirasakan setelah +/1 1,5 bulan. Seperti yang saya tulis sebelumnya nanti setelah bulan Juni penggunaan terapi hormon akan dihentikan oleh dokter, dan setelah itu saya akan mengandalkan herbal untuk bisa mengendalikan kanker prostat saya. Setelah bulan Juni saya bisa memberikan testimoni apakah herbal yg saya konsumsi dapat mengendalikan PSA diluar terapi hormon/medis. Yang penting keyakinan kita bahwa selain terapi medis maka terapi herbal juga memberikan hasil positip bagi kesehatan kita.

    Salam

  • Ziedin

    Yg saya tau, bkankah Pengobatan dg herbal sudah di praktekkan sejak awal manusia mnempati bumi ini?, Sy jg sring bc artikel2 di media, byk yg mngtkan kl daun dn buah sirsak bs membnuh sel kanker pd tbuh, tp rupgnyg sy jg kslitan melhat dn mengungkp fkt trsbut, tp marilh qt kritisi dn analisis,dri mna smber sumber brita itu? Apa sbnrny motif dr para penulis,pembuat brita,pembuat prnyataan. Anggplah tujuan qt hnya ingn mnjadi manusia yg sehat fisik dn psycologis spy mnjd mnusia yg brkualitas.

    Mari qt lhat dinamika khidupan, tntuny kita tau? Byk skali rumah sakit,dokter,alat2 medis,ruang lab,perusha'an obt dsb, nah? Disinilah saya pnuh keragu2an. ,.bla sbwh prusha'an obt hendak mmbuat suatu pnltian yg kmudian menghasilkan obat; bukankah tdk menutup kemungkinan dana yg besar akan di keluarkan untuk proyek tsbt?, sdangkan hsl dr pnlitian trsbt apkh akn di publikasikan? It yg menjdi prmslhannya,kadang kita hrs kita di posisikan menjadi paranoid, jadi ksimpulan saya, meski saya blm tau hsil riset penlitian pd herbal; saya sudah percaya kalau herbal itu mmang brkasiat "brdsrkan sejrah nnek moyang" ,skr smw org di sibukkan untk menelitinya,

  • herly

    apakah ada efek negatifnya jika orang sehat minum rebusan daun sirsat setiap hari 1(satu) gelas? mohon penjelasan

  • novee

    Buat pak aryono,
    Sy mau tanya… Keladi tikusnya msh dlm bntk daun/asli atau udah bntk pil?
    Dan gmn perkembangannya hingga saat ini pak?
    Thanks..

  • aryono

    Novee
    Sy minum yg kapsul krn agak repot menanam pohonnya walaupun sy dapabibitnya.Keadaan sy baik dan mudah2an bulan ini terapi medis distop.saya akan mengandalkan terapi herbal (daun sirsak dan keladi tikus) untuk mempertahanlkan tingkat psa yg merupakan prostat tumor marker.Informasinya akan sy sampaikan nanti agar bisa jadi referensi bagi yg lain.salam

  • ayu

    Pa aryono boleh bagi no hpnya. Bapa saya PSA nya 300 an. Ini msh menunggu hasil dari lab yg alatnya dimasukkan lewat bagian belakang. Tadi sdh coba 1x minum rebusan daun sirsak tp krn bapa saya maag juga jd beliau perih skali d lambungnya. Jd ni stop dulu minum rebusan daun sirsaknya. Hp saya 081349629176. Mdh2an bisa sedikit sharing via sms kalau bapa tdk keberatan. Trm ksh

  • http://sanko.blogspot.com Sandjaja Kosasih

    Akhirnya menemukan tulisan yang berbeda. Saya sedang mempersiapkan tulisan sejenis berdasarkan pengalaman saya meminum air rebusan daun sirsak.

    Saya terkena kanker nasofaring (detil cerita ada di blog saya sanko.blogspot.com), tahun lalu sambil kemoterapi minum air rebusan daun sirsak, namun paska kemo selama 2 bulan saya tidak minum dan cek up masih bersih. Kemudian selama sekitar 12 bulan saya rutin minum air rebusan daun sirsak, bahkan pada 6 bulan terakhir mengikuti saran dari majalah Trubus utk urutan daunnya. Dan memang hasilnya jadi lebih stabil dan lebih enak dirasa (tidak terlalu muda hasil rebusannya, cenderung coklat tua). Tapi Agustus 2011 lalu saya dicek biopsi kemudian MRI, positif kanker nasofaring saya timbul lagi. Bulan lalu saya kemoterapi lagi dan sejak seminggu sebelumnya saya sudah stop minum air rebusan daun sirsak lagi sampai sekarang. Saya sekarang lagi mencoba propolis, selain rutin minum madu dan squalene yg saya konsumsi sejak tahun lalu.

    Silakan berbagi di blog saya jika berkenan.

  • lilik k

    apa sih efek samping minum air daun sirsak? karena setiap hari saya menkomsumsi air godokn daun sirsak

    • http://me.legawa.com Cahya

      Lilik, selain dari tulisan di atas dan beberapa diskusi yang sudah ada, sayangnya saya tidak bisa memberikan detil lebih tentang pertanyaan tersebut.

  • sasya

    maaf, saya menderita hepatitis b / cronic, dan mioma uteri berdiameter 6 x 4 cm, sudah 2 bln ni saya minum rebusan daun sirsak n gak da efek ssamping apa2, sy juga mengkonsumsi curcuma, dan hp pro utk hepatitis/liver saya dan terpai hormon utk mioma saya, n alhamdulillah saya sehat n baek2 saja, nafsu makan n daya tahan tubuh bagus, sy bisa bekerja tiap hari tanpa banyak gangguan, n menurut sy yg trpenting adl sugesti n keyakinan kita trhdp tuhan, klo kata guru spiritual sy, percuma km beli obat ratusan juta tp km g yakin akan kesembuhanya, tp dgn segelas air putih pun klo yakin akan ksembuhan itu, insyaallah sembuh. Salam

  • http://profile.yahoo.com/GKUZZEEEE6AGDRIFZ244R5DPPI Djuan

    Buat Pak Aryono,
    Bagaimana hasil dari terapi herbalnya Pak, mohon share pengalamannya, mudah2an bapak tambah sehat.
    Ibu saya di diagnosa menderita tumor ganas di usus sebelum masuk kelambung, sebelumnya dari hasil endoscopy terdapat banyak sekali polip, dari hasil biopsi pertama tidak nampak keganasan, dokter menyarankan untuk di buang polip2 tersebut secara bertahap, minggu kemarin dilakukan tindakan polipektomi, ternyata dokter melihat adanya keganasan dari polip tersebut, disarankan untuk diangkat berikut lambungnya, tidak bisa saya bayangkan bagaimana nanti jika tidak ada lambung.
    Saya sudah mulai mencoba rebusan daun sirsak untuk ibu saya, sambil mencari2 testomoni dari orang2 yg sudah menggunakannya. mudah2an bapak bisa berbagi pengalaman untuk kami. terima kasih sebelumnya.

  • teza

    di keluarga saya ada yang kena hepatitis c,cocok ga ya kalo minum air rebusan daun sirsak?

  • Verdi Laurent

    Penelitian memang baru sebatas in vitro, dan efek konsumsi sirsak baru sebatas kemungkinan. Jika melihat review di amazon tentang produk berlabel graviola, banyak konsumen yg merasa terbantu.