Ponsel Pensiun Dini

Ketika saya membelinya dua tahun lalu dengan sedikit memaksa sebagai ponsel keluaran baru, saya berharap bahwa ia bisa digunakan untuk jangka yang luar biasa panjang. Sehingga saya memberi perhatian dan perawatan secara cukup mendetil, termasuk untuk memperbarui perangkat lunaknya secara berkala sehingga tetap membawa versi termutakhir yang bisa didapatkannya.

Walau di antara bagian luarnya yang sudah semakin bertambah kusam, namun saya tidak pernah meragukan kemampuannya, karena itu memang benar-benar pilihan saya dulu. Namun memang tidak bisa disangka, bahwa perpisahan akan bisa datang secepat ini.

Ponsel Nokia E71 saya memang tidak mengalami masalah apapun, bahkan bisa dibilang karena perawatan peranti lunaknya, performanya sudah jauh lebih baik daripada ponsel yang sama yang dijual baru.  Namun ya itu dia, ada pertemuan dan ada perpisahan.

BlackBerry Odin bersanding dengan Nokia E71.

Odin tidak memiliki bantuan GPS seelegan E71, jika bisa saya katakan kualitasnya masih jauh di bawah E71. Hanya saja ketika saya mencari ponsel yang dikeluarkan pada tahun yang sama, saya tidak menemukan yang lain yang lebih pas lagi.

Nah, yang terjadi maka terjadilah. Kini sudah saatnya mewariskan E71 pada yang lebih layak untuk menggenggamnya. Mungkin ini namanya sebuah ponsel yang pensiun dini.

  • Nandini

    Wah, boleh deh E71nya buat saya Bli.. :D Ponsel baru mungkin berumur panjang jika dirayakan dengan Somayoga :lol:

    • http://me.legawa.com Cahya

      Ha ha…, itu teori probabiliitas ya :).

  • Melvin

    E71 ???
    yang saya punya ternyata adenya (E63)
    apakah E71nya mau di jual ???

    • http://me.legawa.com Cahya

      Melvin, ndak kok, cuma diwariskan saja :D

  • http://indobrad.web.id indobrad

    wah boleh dong minta PIN BBnya hehehe

    • http://me.legawa.com Cahya

      Pakai pushmail saja Mas, itu memang jalur aksesibilitas yang saya pilih :).

  • http://celoteh4ti.wordpress.com yustha tt

    cieh…BB bau..eh baru… ^^

    • http://me.legawa.com Cahya

      Iya nih, 2 tahun di gudang, jadi bau :lol:.

  • http://agung48.wordpress.com agung

    Pantesan kemarin di Facebook nongol BB-nya. :lol:

    • http://me.legawa.com Cahya

      Oh…, kelihatan ya? Kenapa ndak muncul juga ya kadal hijaunya :lol:.

  • http://danisetiyawan.com dHaNy

    Saya kemarin juga bingung jg antara android atau BB, E71 mau diwariskan ke siapa mas?

    • http://me.legawa.com Cahya

      Jika tidak perlu BBM (biasanya diminta digunakan sebagai bagian dari korporasi), saya jauh lebih menyarankan E71 (fitur pushmail, chat, dan GPS-nya sudah sangat bagus, apalagi dari segi ketahan daya batere). Kalau Androids, lebih enak jika digunakan untuk tablet, kecuali punya anggaran di atas 4 jutaan, baru berani lirik ponsel.

  • http://jarwadi.me/ jarwadi

    kalau yang dimaui mas cahya itu fitur push mailnya, ya pakai bb lah, hehehehe

    kayaknya ponsel lain belum ada yang punya fitur push mail sehandal bb

    • http://me.legawa.com Cahya

      Kalau pushmail, BB dan Nokia punya keunggulan dan kekurangan sendiri menurut saya, tapi sama-sama mumpuni. Saya malah lebih suka pushmail yang cerdas ala Nokia Mail Manager :).

  • http://www.ladeva.wordpress.com Ladeva

    Akhirnya pake bb juga :D

    • http://me.legawa.com Cahya

      Maunya beli Nokia yang bleeding edges, tapi ndak sanggup, cukup beli BB saja yang murah meriah :D.

  • http://asopusitemus.com Asop

    E71-nya masih bagus… :D

  • iskandaria

    Ponsel saya low-end banget *malu-malu :)

    • http://me.legawa.com Cahya

      Lha, Mas Is kan sudah memasok dananya pada koneksi Internet yang sampai 200 KB/s itu, jadi ya lebih canggih dong :).

  • http://andhysukma.com Andhy

    haha..tertular virus bb juga :)
    Cuma ga enak kalo ga yang qwerty

    • http://me.legawa.com Cahya

      Ha ha…, ini musim virus yah, padahal jaringan BB lagi jebol di mana-mana. Hmm…, saya juga qwerty kok :).

      • http://gadgetboi.wordpress.com gadgetboi

        akhirnya menyerah kepada “mainstream” hehehe *welcome to da club*

        • http://me.legawa.com Cahya

          Ini karena ndak ada dana Mas, kalau ada sih iPhone 4s mungkin :).

  • http://gadgetboi.wordpress.com gadgetboi

    saya siap menampung “pensiunan” :D

    • http://me.legawa.com Cahya

      Ha ha…, sudah ada yang mau jadi orang tua asuhnya Mas :lol:.

  • http://nuralief.web.id alief

    langsung kirim ke kalimantan aja bli yg lama

    • http://me.legawa.com Cahya

      Yah, sudah diwariskan Mas Alief :lol:.

  • http://imadewira.com imadewira

    2 tahun? menurut saya sih itu sudah cukup lama, ya setidaknya bukan pensiun dini lah..

    • http://me.legawa.com Cahya

      Tapi sepertinya yang sekarang akan pensiun lebih cepat :).

  • http://personfield.web.id die

    Dua tahun untuk e71? sepertinya sudah cukup umur untuk dipensiunkan dan bolehlah diganti dengan seri yang sama tetapi lebih muda, e71-1…

    • http://me.legawa.com Cahya

      Maunya sih N9, tapi ya maklum, yang murah meriah saja Pak :).

      • http://personfield.web.id die

        Kayaknya BB dah cukup :D