Entah mengapa modem lawas saya bermasalah, modem Pantech PX-500 yang berisi nomor MOBI hanya bisa terhubung namun tidak bisa melakukan selancar di Internet. Namun anehnya masih bisa untuk streaming radio daring dan update antivirus, tapi tidak bisa menjelajah ke halaman manapun dan mendapatkan galat bahwa DNS tidak ditemukan. Saya sudah melaporkan permasalahan ini pada pihak Smartfren, namun hanya dibalas via sms di modem bahwa masalah sudah diatasi, namun saya sendiri tidak melihat ada perbaikan. Mungkin minggu ini saya akan bawa modem tersebut ke galeri Mobile-8 atau Smartfren terdekat.

Sementara ini saya akhirnya terpaksa menggunakan modem cadangan, sebenarnya saya ingin menggunakan Huawei E220 lawas saya, tapi malas karena tidak ada kartu GSM yang “nyaman” belakangan ini. Akhirnya saya mencari modem SpeedUp SU-7300 yang menggunakan Opera Software dengan paket kartu Smartfren nomor lokal Yogyakarta di dalamnya..

Modem ini merupakan modem CDMA 2000 1x-EVDO Rev.A dan CDMA 800. Sayang, colokannya menggunakan USB, padahal saya lebih suka dengan PCMCIA. Namun bagusnya bisa digunakan di Windows 7/Vista dan Linux yang berbasis Intel dengan mudah tanpa kesulitan.

Bungkus Paket Modem SpeedUp CDMA dengan paket Kartu Smartfren

Hanya saja harganya agak lebih mahal, cukup untuk akses 12 GB setiap bulan selama dua bulan, hanya saja kebetulan katanya diberikan akses Internet gratis selama 60 hari, namun entah benar atau tidak akan dapat selama itu.

Saya tidak menguji kecepatannya, namun sekilas tidak berbeda jauh dengan nomor MOBI yang saya gunakan, sementara dipakai beberapa jam – jaringan tampak cukup stabil dan sepertinya tidak ada gangguan cyberoam seperti yang diterapkan oleh MOBI. Nah, mungkin dengan ini saya akan bisa mengunduh openSUSE yang terbaru nanti dengan lancar.